Dalam hal manga berhumor satire dan atau mengejek hal-hal sekitarnya, mina-san pasti kenal seri Gintama karya Sorachi Hideaki. Tapi ada juga mangaka lain yang mahir melakukan hal tersebut, seperti Okawa Bkub, mangaka dari seri anime yang meleduk popularitasnya di internet diawal 2018 kemarin, Pop Team Epic. Dan salah satu kabar yang baru darinya, adalah nge-troll campaign baru perusahaan Kirin Beverage.

Untuk dapat lebih mengerti konteksnya, kita jelaskan dulu mengenai campaign baru Kirin Beverage yang baru mereka adakan kemarin-kemarin. Campaign tersebut adalah untuk line up produk populer mereka, Gogo no Koucha atau Teh Sore Hari.

Kirin Beverage

Untuk campaign baru produk tersebut, mereka membagikan empat ilustrasi wanita melalui Twitter official mereka, yang digambar oleh ilustrator Tsubo Yuri. Dan Keempat gambar tersebut dituliskan dengan nama tipe yang bisa dibilang tak begitu memuji.

Dengan empat gadis tersebut adalah; cewek sombong yang sok seperti model, cewek narsis dengan fashion lolita, cewek sok ngatur yang suka mutar-mutar, dan cewek yang selalu mengandalkan temannya. Dengan detail-detail kecil lainnya.

Dan para netizen bereaksi keras akan tweet tersebut, menganggap apa yang dilakukan Kirin adalah sesuatu yang sexist kepada wanita, dan menghina pelanggan mereka sendiri. Sampai ada juga yang mengatakan akan boycott produk Kirin karena hal tersebut.

Reaksinya begitu besar sampai Kirin Beverage menghapus tweet tersebut dan meminta permohonan maaf. Ketika diwawancarai oleh website ITMedia kenapa mereka melakukan campaign seperti itu, perwakilan dari Kirin mengatakan tujuannya adalah agar orang-orang dapat lebih kenal dekat dengan rasa masing-masing Gogo no Koucha.

Mungkin ada yang berpikir kalau ini adalah campaign promosi yang tak benar dari awal, tapi ini juga salah satu cara marketing, yang disebut Troll Marketing. Cara marketing yang bisa memberi humor dan jadi viral, atau memicu amarah besar dan gagal. Dan terlihat kalau Kirin mendapatkan kegagalan.

Dan ironisnya, malah kegagalan campaign ini dijadikan parodi oleh sang mangaka Pop team Epic, Okawa Bkub. Ia membuat gambar perempuan yang dari desain sangat mirip dengan karakter Cewek sok ngatur yang suka mutar-mutar dari campaign Kirin tersebut.

Tapi tentu ada perbedaan, dengan yang utama adalah desainnya memakai fisik khas karakter Pop Team Epic yang chibi, dan kata Lemon yang tertulis pada topi ilustrasi awalnya diganti jadi Renoir. Rasanya Kirin gagal nge-troll terus jadi di-troll 😀

Comments

Loading...