Content provided by Keepo. Meskipun internet sekarang ini jadi barang wajib yang harus dipenuhi, nggak jarang kita sering mengalami akses internet yang lambat dan putus-putus, akibatnya banyak pekerjaan yang mengharuskan kirim email harus tertunda karena tidak bisa dilakukan. Namun, Gmail yang jadi salah satu layanan e-mail Google punya sebuah fitur yang memungkinkan kalian masih bisa kirim email saat dalam keadaan tanpa internet. Gimana sih caranya?

Baca Juga:

Nah, pertama kalian buka dulu akun Gmail yang dipakai, kemudian pilih menu Settings seperti gambar di bawah ini. Oiya, kalian bisa melakukan hal ini di PC/smartphone, namun pada contoh kali ini kita bakal menggunakan Gmail versi PC karena lebih mudah dilakukan.

Kalo udah, selanjutnya tinggal pilih menu “Offline” dan atur pilihan ke “Enable offline mail”.

Bagian ini yang paling penting, pastikan kalian menandai pilihan “Keep offline data on my computer”. Hal ini bertujuan untuk menyimpan data pada Gmail offline meskipun kalian sudah log out dan menutup browser kalian.

Nah, dengan mengaktifkan fitur ini, kalian nggak perlu lagi bingung dan bengong saat internet down dan membutuhkan pekerjaan yang menggunakan e-mail. Semoga bermanfaat!

Baca Juga:

Comments