Selama ini, akiba-chan dan akiba-kei tentunya sudah tau bahwa perkereta apian jepang itu sugoi. Mulai dari desainnya, interiornya, bahkan sampai tindakan sigap mereka terhadap kenyamanan dan keamanan penumpang. Nah ada lagi nih, ke-sugoi-an kereta api jepang yang bakal mimin ceritakan. Kali ini kita akan membahas henshin aneh, kereta api truk!

Tapi sayang sekali henshin ini nggak sekeren mobil buatan creator gundam kemarin. Cuman dengan perubahan ini bisa bikin makin berguna untuk keperluan umum. Seperti apakah perubahannya? yuk simak sampai habis. 🙂

Pengguna twitter @hiiq195 pagi ini baru saja mengunggah sebuah video unik melalui tweetnya. Dalam tweet itu ia berkata sedang menunggu kereta di salah satu stasiun kereta api di Tokyo (sekitar Harajuku). Lalu tiba-tiba ia melihat ada kendaraan melaju kencang di rel kereta. Masih lengkap dengan empat rodanya. Seperti yang bisa kalian simak dibawah ini:

Yep, kalian nggak salah lihat. Itu rel kereta tapi yang melaju dengan santainya bukan kereta. Melainkan truk pengangkut yang harusnya ngga bisa lewat situ dong. 😀 Tapi dibilang truk kendaraan itu juga bukan truk karena body bawahnya sudah termodifikasi dengan bentuk kereta. Lalu apakah itu?

Orang jepang menyebutnya KIRIKUSHA (軌陸車). Emang bukan truk maupun kereta, melainkan kereta api truk 😀 Secara literal nama diatas bermakna “kendaraan darat dan rel”. Aneh? yak, mimin juga ngerasa gitu sih. Tapi kereta api truk ini nggak semerta-merta dirilis karena aneh doang ya.

Kirikusha memiliki tugas tersendiri dalam kehidupan sehari-hari di jepang. Umumnya, kendaraan ini dipakai saat ada maintenance dan perbaikan jalur kereta. Kok pakai kereta api truk? pasti ada nih diantara akiba-chan dan akiba-kei yang mikir gitu. Jawabannya ya karena nggak mungkin diperbaiki pake kereta juga 😀 tapi kalau pakai truk biasa nggak bisa jalan lancar juga. So, satu-satunya cara agar lebih fleksibel adalah membuat kendaraan jenis baru.

Terus henshinnya gimana itu min? kan dia punya roda jugak? Metode sederhana kok. Hanya dengan menggunakan penyeberangan rel. Alih-alih mengendarainya seperti kereta dan mobil permukaan tunggal, kirikusha membuat belokan 90 derajat dan kemudian memperpanjang atau memadatkan roda-rodanya di rel. Jadi dengan kefleksibelan ini mereka sangat diandalkan dalam situasi sulit. Sugee…

Jadi sekarang ente faham kan kalo kendaraan aneh bin ajaib ini punya tugas vital dan sangat bermanfaat? 😀 akiba-chan dan akiba-kei yang ada di jepang mungkin sudah nggak kaget. Disana emang banyak kereta api truk yang hilir mudik. Tapi jangan sampai kalian pengen bawa pulang ya, soalnya ini bukan untuk diperjual belikan secara umum. Hehe cuman buat industrial use aja.