Dunia anime dan dunia nyata memang berbeda. Ada tembok yang memisahkan kedua dunia tersebut. Akan tetapi, tetap saja bisa keduanya dihubungkan, dengan membawa sesuatu yang fiktif menjadi nyata. Bisa melalui cosplay, atau cafe bertema, game/mesin VR, dan lain-lain. Baru-baru ini dilakukan hal serupa di Jepang. Btw maaf tapi ini SPOILER untuk anime Re:Creators, Kirameki Mamika dimakamkan secara nyata di Akihabara.

https://www.youtube.com/watch?v=xkTpSq2f_HY

Hal seperti ini sebenarnya bukan yang pertama kali dilakukan di Jepang. Sekitar 10 tahun yang lalu, juga pernah dilakukan upacara pemakaman karakter Raoh dari seri Hokuto no Ken, untuk merayakan perilisan movie Legend of Raoh.

Sesuatu yang melambangkan dalamnya peran karakter tersebut. Karena memang kematiannya tak hanya menandakan pergantian arc cerita baru seri Hokuto no Ken, tapi juga karena sangat JANTAN dan melekat dihati fans anime.

Sedikit mirip dengan itu, pemakaman karakter Kirameki Mamika ini juga lumayan mendalam jika kita menonton Anime Re:Creators yang sedang tayang dimusim ini. Menceritakan apa yang terjadi jika karakter anime dari berbagai genre muncul didunia nyata.

Kirameki Mamika yang berasal dari genre Magical Girl klasik macam Sailor Moon atau franchise Precure, memiliki sifat yang idealistik, baik hati, pantang menyerah, seperti protagonis yang umum dari genre itu.

Dan itulah yang membuat munculnya konflik pada karakternya. Karakteristiknya sebagai Magical Girl ditelusuri kearah yang tragis, dan berakhir pada tragedi dengan kematiannya. Entah ironis atau cocok dengan cerita animenya, akhir minggu lalu upacara pemakaman karakter tersebut dilakukan disini, di dunia nyata.

Kirameki Mamika

mamika dimakamkan

Lengkap dengan rangkaian bunga dan fotonya yang dibingkai. Dipajangkan juga foto-foto cutscene karakternya dalam anime, dan kostum magical girl miliknya, dan diletakkan juga magical girl stick miliknya diantara bunga-bunga putih, warna simbol kematian di Asia timur. Staff pemakaman juga membagikan postcard bergambar karakter tersebut yang muncul dalam animenya sebagai desain packaging produk kari.

Memang sedih melihat upacara ini kalau sudah menonton Re:Creators. Kokoro seperti ditusuk pedang 🙁 karena tak seperti Raoh yang kematiannya lebih berkesan positif, kematian Mamika memiliki suasana yang lebih kearah tragedi.

Tapi ini juga dipakai sebagai kesempatan marketing. Karena dalam acara ini, dipamerkan juga desain untuk sarung dakimakura karakter Mamika. Dan juga prototype untuk Nendoroid karakter Meteora, dan produk travel backpack dengan tema desain antagonis Re:Creators, Military Princess. Ironis mengingat siapa yang menyebabkan kematian Mamika 🙁