Mungkin bagi fans animanga Jepang takkan ada yang tak kenal akan nama Tezuka Osamu. Mangaka dan animator yang bisa dibilang kakek dunia animanga. Tanpa kerja keras dan passion yang dimilikinya, mungkin takkan ada yang namanya manga dan anime, dan itu membuatnya terus dikenang sampai sekarang bahkan setelah ia meninggal. Tapi ada kabar menarik baru-baru ini, dimana dikembangkan A.I. yang bisa membuatnya “bangkit berkarya” lagi.

Bapak Manga dengan Baret Uniknya

Tezuka Osamu lahir tanggal 3 November 1928 dan wafat pada 8 Februari 1989. Sebagai mangaka dan creator dengan level workaholic yang legendaris, membuatnya bisa menghasilkan sampai ratusan manga dari beragam genre.

Contoh karyanya yang populer sampai sekarang adalah kisah anak robot Astro Boy atau Tetsuwan Atom, dan selain itu ada juga doctor Black Jack dan Dororo, yang bersama Astro Boy juga telah mendapatkan adaptasi anime modern. Dan masih buanyakk lagi seperti Princess Knight, Phoenix, Kimba, dan lain-lain.

Osamu Tezuka dan Karakter yang ia ciptakan

Tapi mungkin nantinya akan ada karya baru Tezuka yang bisa tercipta meskipun ia sudah tidak disini. Dan caranya, adalah dengan memakai Artificial Intelligence! Yang baru diumumkan kemarin-kemarin sebagai bagian pertama dari projek Shin Sekai Kioku dari Kioxia.

Kioxia, yang sebelumnya adalah bagian dari Toshiba dalam bentuk perusahaan Toshiba Memory, membuat projek Shin Sekai Kioku yang bertujuan untuk memperkaya dunia melalui kekuatan kenangan dan ingatan.

Dikatakan kalau dalam projek ini, akan dipakai machine learning melalui teknologi A.I. canggih yang menggabungkan kapasitas memori dan kecepatan yang tinggi, dan dengan manga-manga Tezuka yang sebelumnya sebagai data acuan.

Ini memang bukan pertama kalinya artificial intelligence dipakai dalam dunia animanga. Sebelumnya sudah ada program bernama PaintChainer yang berfungsi mewarnai manga dari gambaran hitam putih secara otomatis memakai A.I.

Tapi untuk projek manga Tezuka ini sepertinya levelnya akan lebih tinggi lagi dengan A.I dipakai tak hanya untuk mewarnai tapi untuk benar-benar membuat sebuah manga. Dan bagi yang penasaran, hasil dari projek ini dikatakan akan dipamerkan oleh Kioxia pada bulan Februari 2020 nanti.