Tak dapat dipungkiri lagi bahwa menurut hasil dari penelitian mengungkapkan bawha gadget seperti smartphone memang lebih kotor dari toilet. Hal ini dilandasi dari ditemukannya bakteri seperti enterobacteria dan staphylococcus aureus pada smartphone yang angkanya mulai dari 1.000 hingga lebih dari 15.000 bakteri per satu seka-an kapas. Bayangkan setiap hari anda memegang lebih dari 1 juta bakteri dari smartphone yang anda punya saat ini. Bahkan toilet saja masih jauh lebih bersih daripada smartphone anda.

Bakteri Smartphone
Sample Bakteri pada Smartphone

Hal inilah yang lantas membuat sebuah perusahaan Jepang mempunyai jawaban ampuh untuk masalah itu, yakni ponsel pintar pertama di dunia yang bisa dicuci dengan sabun dan air. Smartphone tahan air memang sudah beredar di pasaran, tetapi perusahaan telekomunikasi KDDI mengatakan bahwa ponsel “Digno rafre” terbarunya yang akan diluncurkan pekan depan di Jepang, adalah satu-satunya ponsel pintar yang tahan dari rendaman sabun. Jadi tak perlu lagi khawatir jika smartphone kita terkena noda ataupun penumpukan bakteri.
“Tim pengembang kami telah mencuci ponsel pintar ini lebih dari 700 kali untuk menguji daya tahannya,” kata juru bicara perusahaan itu kepada AFP.

Smartphone-Jepang-Ini-Bisa-Dicuci-Dengan-Sabun
Smartphone Saat Dicuci

Coba bayangkan jika teror dari bakteri yang ada pada smartphone dapat berkurang bahkan hilang dan tak lagi membuat ancaman bagi kesehatan manusia. Teknologi seperti ini diharapkan akan menjadi cikal bakal dari lahirnya generasi smartphone yang lebih ramah lingkungan, terlebih penggunanya sendiri semakin bertambah dan kebanyakan penggunanya adalah usia produktif seperti remaja bahkan anak-anak saat ini juga sudah banyak yang kesehariannya tak jauh dari smartphone.

dignorafre
Smartphone Digno Rafre

smartphone berukuran panjang 5 Inchi dengan berat 155 gram ini memiliki RAM 2 GB dilengkapi kamera 13 megapiksel dengan sensor CMOS. Memiliki layar HD TFT dengan resolusi LCD 720 x 1280 piksel serta memori Internal 16 GB yang dapat ditambah dengan microSD hingga 128 GB. Untuk daya tahan, ponsel ini memiliki baterai berkapasitas 3000 mAh yang memiliki waktu bicara 20 jam dengan koneksi 4G LTE juga memiliki 3G, Bluetooth dan pilihan USB.

Gadget senilai 21.600 yen (Rp2,35 juta) itu terutama diperuntukkan bagi orang tua yang ingin tetap ponsel pintarnya bersih selagi mengurusi buah hatinya”, kata juru bicara KDDI. namun untuk pasarannya sendiri saat ini hanya akan tersedia di Jepang dan hadir dalam berbagai warna dari biru tua, merah muda karang dan putih kasmir.

Penasaran bagaimana smartphone itu dicuci dengan sabun? Tonton video berikut ini!