AKHIRNYA, hari ini adalah premiere dari film anime legendaris (lebay uy, rilisnya aje baru beberapa bulan lalu 😀 ) maha karya Shinkai Makoto, Kimi no Na wa, tayang di bioskop Tanah Air Indonesia. Siapa yang nonton pas premiere niiih? Selamat bersenang-senang ya~ 😉 Eniwei, untuk sedikit memanasi, kita ada berita soal Kimi no Na wa lagi (udah kebanyakan kayaknya 😀 ) nih. Kimi no Na wa telah meraih pendapatan 20 Milyar Yen di Jepang, dan mengalahkan 2 anime karya Ghibli!

Yup, masih makin sukses saja anime ini. Dengan pendapatan sebesar 20 milyar Yen itu, Kimi no Na wa sekarang telah mengalahkan movie Ghibli; Mononoke Hime yang berpendapatan 19.3 milyar, dan Howl’s Moving Castle yang berpendapatan 19.6 milyar. Ini berarti Kimi no Na wa sekarang menjadi Highest Grossing Anime nomor 2 di Jepang.

Posisi Top 3 yang lama didominasi oleh karya-karya Ghibli berhasil dipecahkan. Sekarang tantangan terakhir Kimi no Na wa untuk menempati posisi nomor 1 adalah anime legendaris Ghibli, Spirited Away, dengan pendapatan 30.8 Milyar Yen. Apakah Kimi no Na wa akan memecahkan rekor itu juga? Kita hanya bisa menunggu jawabannya.

Yang jelas kesuksesan ini semakin didukung lagi di Jepang. Karena mulai tanggal 13 Januari 2017 nanti, Kimi no Na wa akan mendapat IMAX Screening di bioskop Jepang. Tapi sayangnya tak ada kabar apakah ini juga akan dilakukan untuk bioskop luar Jepang. Kemungkinan sih perlu karena diluar Jepang Kimi no Na wa juga sangat sukses 😀

Contohnya di negara tetangga Jepang, di China. Disana Kimi no Na wa telah merajai box office, meraih posisi nomor 1 pada weekend minggu lalu. Dan sempat mengalahkan movie HarPot terbaru, Fantastic Beast and Where to Find Them. Tapi untuk minggu ini posisinya tertukar. Fantastic Beast kembali meraih posisi 1 dan Kimi no Na wa turun ke 2.

Dan di Amerika, Kimi no Na wa juga sukses. Karena belum lama ini Kimi no Na wa telah mendapatkan Best Animated Film Award dari LAFCA (Los Angeles Film Critic Association). Mengalahkan movie Red Turtle buatan Ghibli dan Michael Dudok de Wit. Walaupun sebelumnya beberapa movie Ghibli sudah mendapatkan penghargaan ini. Princess Kaguya di tahun 2014, dan Spirited Away di tahun 2002.

Wah wah studio Ghibli satu-persatu dilewati nih movienya. Walaupun bukan berarti merendahkan Ghibli sih. Hanya terasa fresh saja ada anime lain yang berhasil memberikan tandingan yang sengit pada studio legendaris Miyazaki itu. Semoga ini membuka kesempatan bagi anime-anime lain dan semakin memajukan industri anime 😉

https://www.youtube.com/watch?v=SPUPpc-h-v0

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here