Akhirnya… waktu tersebut telah tiba. Setelah disebut-sebutkan pada akhir April kemarin, akhirnya salah satu seri manga paling populer dan terkenal saat ini, Kimetsu no Yaiba, telah merilis chapter terakhirnya. Sesuatu yang membuat sedih sekaligus menyentuh memang. Tapi terakhir bukan berarti berakhir, karena selain merilis chapter final Kimetsu manga, diumumkan juga akan adanya sebuah manga spinoff!

kimetsu no yaiba

Kimetsu no Yaiba adalah seri manga karya Gotouge Koyoharu yang diterbitkan di majalah manga Shonen JUMP sejak Februari 2016. Mengisahkan seorang anak lelaki bernama Tanjiro yang menjadi demon slayer alias pemburu Oni untuk mencari cara agar Nezuko adiknya yang diubah jadi Oni bisa kembali lagi menjadi manusia.

Manga tersebut telah diadaptasi menjadi anime oleh studio ufotable, yang berkat kualitas animasinya yang indah dan lagunya yang keren dan lain-lain, membuat popularitas seri itu meleduk, dan semakin hype lagi dengan pengumuman sequel movienya yang dijadwalkan tayang tahun ini.

Akan tetapi meski anime Kimetsu no Yaiba masih terasa fresh, manga originalnya sebenarnya telah memasuki arc finalnya sejak bulan Februari kemarin, dan beberapa minggu lalu telah dikabarkan kalau seri itu akan selesai pada chapter 205 dalam bulan Mei 2020 ini. Dan sesuai perkataan itu, chapter tersebut baru dirilis pada edisi baru Shonen JUMP.

Dan kabar yang bagus sekali bagi mina-san yang ingin membacanya, karena website dan app MangaPlus dari penerbit Shueisha tak hanya secara resmi telah merilis chapter tersebut secara online digital bagi pembaca region Asia Tenggara termasuk Indonesia, tapi juga telah ditranslasi ke bahasa Inggris! Bagi yang ingin membacanya silahkan cek ke link disini 😉

Tapi tak hanya itu! Karena edisi majalah manga Shonen JUMP tersebut juga memberikan pengumuman seru lagi. Dengan dikatakan kalau akan ada spinoff side story Kimetsu no Yaiba! Berjudul Rengoku Gaiden yang dengan sesuainya, akan menceritakan kisah Flame Pillar Rengoku Kyoujuro sebelum bertemu Tanjiro dkk.

Menariknya, spinoff itu tak dibuat Gotouge sensei melainkan oleh Hirano Ryoji sang mangaka Fate RedLine. Tapi ia sudah berpengalaman dengan seri itu, karena tahun 2019 lalu ia telah membuat beberapa spinoff Kimetsu, seperti yonkoma Kimetsu no Aima dan Tomioka Giyuu Gaiden. Tapi sayangnya tak diberi kejelasan mengenai jadwal rilis Rengoku Gaiden tersebut.