Dragon Ball, One Piece, Naruto, adalah judul-judul animanga JUMP yang begitu sukses. Tapi meskipun begitu, tetap lahir juga animanga generasi baru setelahnya yang juga memiliki popularitas yang bisa menyaingi para klasik tersebut pada jaman ini, contohnya Boku no Hero Academia yang popularitasnya juga meluber ke Amerika. Dan selain itu, ada juga seri Kimetsu no Yaiba, yang dikabarkan menjadi manga Shueisha tersukses ke-2 tahun ini.

Kimetsu no Yaiba adalah seri manga karya Gotouge Koyoharu yang diterbitkan di majalah manga Shonen JUMP sejak Februari 2016. Mengisahkan seorang anak lelaki bernama Tanjiro yang hidup bersama seorang ibu dan lima saudara, yang hidup miskin tapi damai.

Tapi tragedi terjadi dengan keluarganya dibunuh dan saudarinya Nezuko diubah jadi Oni. Dan dari situ, dimulailah petualangan Tanjiro untuk menjadi pemburu Oni dan mencari cara untuk mengubah Nezuko kembali menjadi manusia.

Manga tersebut diadaptasi menjadi seri anime oleh studio ufotable. Anime tersebut tayang selama dua cour alias sepanjang 26 episode, dari awal April sampai akhir September kemarin. Dan setelah episode ke-26-nya selesai tayang, fans semakin dipanaskan dengan pengumuman movie Kimetsu no Yaiba, Mugen Ressha-hen yang juga akan dianimasikan oleh ufotable.

Dan berkat animasi ufotable yang indah dan apik diiringi lagu keren oleh LiSA, Anime Kimetsu no Yaiba sukses membuat popularitas seri tersebut meleduk keras, yang semakin besar lagi dengan pengumuman movie Mugen Ressha-hen. Ini memiliki efek samping membuat manga Kimetsu no Yaiba jadi sold out di berbagai toko buku di Jepang.

Tak mengherankan karena hal tersebut, baru-baru ini Shueisha memberikan pengumuman kalau seri manga Kimetsu no Yaibe telah menjadi manga dengan penjualan paling tinggi nomor 2, dengan total angka penjualan sebesar 10.8 juta volume dalam periode November 2018 sampai November 2019. Kekuatan Unlimited Budget Works memang luar biasa 😉

Tapi siapakah yang berhasil melesat mengambil posisi nomor 1? Yah, tentu si manga JUMP klasik One Piece karya Oda Eiichiro tentunya. Melanjutkan menunjukkan kalau seri itu masih menjadi seri manga terpopuler saat ini, One Piece dikatakan berhasil menjual 12.7 juta volume dalam periode waktu yang sama.