Kali ini AkibaNation mendapat kesempatan untuk interview dengan cosplayer asal Jakarta, Kimahri Sunkiss atau untuk lebih singkatnya bisa dipanggil Kima. Kima yang merupakan guest cosplayer di Cosplay Make-up Workshop Vol. 1 ini ternyata sudah cukup lama malang-melintang di dunia cosplay lho. Mulai dari jaman cosplay belum dikenal luas, sampai sekrang ini. Bagaimana sih ceritanya? Penasaran? Langsung kita simak saja ya.

12301765_796798400449299_733176088268439030_n

Q: Sejak kapan mulai terjun ke dunia cosplay?

A: Untuk mulainya sendiri dari tahun 2008. Tapi dikarenakan waktu itu masih SMP dan keterbatasan dana, saya hanya membuat kostum paling tidak setahun sekali. Saya mulai lebih serius untuk menekuni hobi ini di tahun 2012.

Q: Bagaimana proses perkembangan cosplay-nya?

A: Awalnya kostum masih seadanya dan jarang datang ke event. Tapi karena sekarang sudah mulai kerja dan punya uang sendiri, pembuatan kostum dan detailnya jadi makin mudah dan makin bagus dari yang dulu. Frekuensi kostum yang dihasilkan bisa 1 atau 2 bulan sekali.

Q: Karakter yang pernah di-cosplay-kan?

A: Banyak karakter yang pernah saya cosplay-kan, untuk pertama sih cosplay Misa dari game jaman dulu yang bernama Ar tonelico. Saya juga pernah cosplay Saber dari Fate Stay Night, Hinamori dari Bleach, dan Perona dari One Piece. Sebenarnya tanpa disadari saya sering cosplay karakter Vocaloid. Kalau sedang memikirkan project, ngga tahu kenapa pasti langsung kepincut Vocaloid. Kecuali saya lagi tertarik dengan anime tertentu, baru saya cosplay yang lain.

Q: Karakter favorit?

A: Sudah pasti Hatsune Miku dari Vocaloid dan Kenma Kozome dari Haikyuu. Sebenarnya karakter Kenma tidak sesuai dengan saya, tapi karena saya suka jadi saya coba saja dan hasilnya ternyata lumayan.

12400965_809118219217317_5820779611840494662_n

10390027_716301545165652_3998491624642661062_n

Q: Bagaimana transformasi cosplay make-up selama ini?

A: Dari dulu saya sudah banyak mencoba make-up style, misalnya dari youtube atau dari cosplayer lain yang ada di timeline facebook saya. Meski udah banyak trial and error, saya masih merasa bahwa style orang lain itu tidak sesuai untuk wajah saya. Bahkan saya sempat merasa drop karena mencoba make-up karakter gagal, meniru orang juga gagal. Akhirnya saya mencoba menciptakan style saya sendiri dengan make-up yang simple. Mungkin untuk orang lain tidak begitu berkesan, tapi bagi saya sudah menambah rasa percaya diri dengan make-up mata yang minimalis.

Q: Apakah ingin mengembangkan lagi make-up skill yang sudah dimiliki?

A: Sebenarnya saya ingin, cuma saya belum tahu apa yang harus saya kembangkan lagi. Karena kebanyakan saya mencoba tidak sesuai dengan wajah saya. Karena dari hasil trial and error banyak gagalnya, baru sekarang ini dengan make-up yang tergolong standar malah bisa membuat saya percaya diri dalam ber-cosplay.

Q: Bagaimana pendapat tentang Cosplay Make-up Workshop with Tachibana Mindy x CANMAKE?

A: Menurut saya Mindy membawakannya dengan cukup baik dan sukses. Banyak sekali pengetahuan yang didapat, sepertinya terlalu banyak hingga kapasitas otak saya tidak cukup. Of course, ilmunya sangat membantu dalam mengembangkan make-up skill.

Q: Apakah tertarik untuk menerapkan ilmu yang didapat dalam ber-cosplay?

A: Sebenarnya saya pernah menerapkan semua yang Mindy jabarkan selama 3 tahun saya bereksperimen dalam make-up. Tapi entah kenapa kurang cocok di wajah mungkin memang saya yang belum berhasil menemukan komposisi yang tepat dalam ber-make-up.

Q: Kira-kira, apa cosplay plan selanjutnya?

A: Untuk ke depannya saya ingin sekali menjadi karakter Reiji Kotobuki. Karakternya memang manly banget, tapi karena saya suka, saya ingin mencoba dan semoga saja berhasil.

Q: Apa sih senjata paling ampuh dalam ber-make-up?

A: Concealer. Karena itu paling penting untuk menutupi bekas jerawat dan kemerahan. Kalau tidak ada itu, saya mungkin tidak akan mau untuk cosplay atau photosession.

Q: Apakah ada pesan untuk Akiba-kei dan Akiba-chan?

A: Pesan saya, karena cantik itu relatif, percaya diri saja. Make-up itu tergantung pemakainya, ada orang yang nyaman untuk memakai make-up yang badai atau yang tipis. Karena make-up yang paling penting itu di mana kita merasa percaya diri dalam memakainya.

Ternyata Kimahri yang kita kenal sudah banyak bertransformasi ya. Dengan banyaknya trial and error, akhirnya Kimahri menemukan make-up style yang keren banget. Semoga saja ke depannya kita bisa melihat lebih banyak lagi karakter yang di-cosplaykan Kimahri, yang masih penasaran, langsung saja ke facebook page-nya. See you next interview.