Khas Okinawa yang Sayang untuk dilewatkan Apabila Mampir ke Jepang

Okinawa
Okinawa

Kalau Akiba-kei dan Akiba-chan pergi wisata ke Jepang, kalian mau mampir kemana?

 

-Akiba Nation- Tokyo, Osaka, dan Kyoto memang sudah menjadi kota yang terkenal sebagai kota-kota utama yang sering dikunjungi wisatawan luar negeri apabila pergi ke Jepang. Namun sebenarnya masih banyak kota-kota lainnya yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi, bahkan sudah terkenal oleh wisatawan dalam negeri Jepang itu sendiri.

Okinawa merupakan salah satu kota yang memiliki ciri khas kental dari daerahnya. Meskipun letaknya bisa dikatakan cukup jauh dari pusat ibukota Jepang Tokyo, Okinawa sudah terkenal untuk menjadi objek wisata baik untuk wisata keluarga, perjalanan wisata sekolah, liburan bersama teman, dan lain sebagainya. Okinawa dianggap memiliki berbagai macam khas Okinawa yang tidak ada di bagian Jepang lainnya mulai dari makanan sampai oleh-oleh. Apa saja sih hal-hal yang mencerminkan khas Okinawa?

 

1. Laut

Laut Okinawa
Laut Okinawa

Okinawa terkenal sama lautnya yang indah dan beniiiingggg banget. Sebening dan bahkan lebih bening daripada air minum mineral kita. Selain indah, disini terkenal banyak spesies ikan dan terumbu karang yang unik-unik. Bahkan kabarnya nih, setiap tahun ada aja jenis spesies ikan baru yang ditemuin. Wah wah..

Untuk menikmati pemandangan laut dan isinya, nggak hanya bisa dilakuin lewat berenang dan diving aja loh. Di Okinawa, juga disediakan yang namanya “Akuarium Churaumi Okinawa”. Akuarium ini adalah tempat untuk menikmati kekayaan laut Okinawa di setiap musim, akuarium ini juga merupakan tempat terkenal lho. Hal utama dari akuarium raksasa berukuran lebar 35m x dalam 10m x panjang 27m ini adalah kalian bisa melihat ikan hiu paus, pari raksasa dan beraneka ragam jenis ikan yang berenang santai! Selain itu, juga terdapat 800 jenis koloni karang serta ikan khas Okinawa, dan di luar akuarium Anda bisa melihat pertunjukan lumba-lumba, penyu laut dan banyak spesies lainnya.

Ini nih aquarium nya. Gedee ya ikannya..
Ini nih akuarium nya. Gedee ya ikannya..
Jenis ikan-ikan kecil
Jenis ikan-ikan kecil
Ikan Pari
Ikan Pari

 

2. Shisa

Shisa
Shisa

Patung yang menyerupai separuh singa dan separuh anjing ini banyak dijumpai di depan-depan rumah di Okinawa. Biasanya patung ini diletakkan sepasang-sepasang. Shisa merupakan patung tradisional penduduk okinawa yang dipercaya dapat menolak bala atau kekuatan jahat. Biasanya shisa yang disebelah kiri digambarkan bagian mulutnya tertutup, sedangkan shisa disebelah kanan digambarkan bagian mulutnya terbuka. Mulut yang terbuka ini diyakini menghalau perbuatan jahat, sedangkan mulut yang tertutup diyakini menjaga agar kesejahteraan terus datang.

Shisa bagian kanan dan kiri
Shisa bagian kanan dan kiri
Sepatu dengan desain shisa. Bisa buat oleh-oleh nih..
Sepatu dengan desain shisa. Bisa buat oleh-oleh nih..

 

3. Kucing Iriomote

Kucing Iriomote
Kucing Iriomote

Kucing yang sekilas terlihat biasa ini ternyata adalah jenis kucing yang dilindungi karena spesiesnya yang langka lho.. Jika diperhatikan lebih baik lagi, kucing ini mempunyai corak totol yang mirip seperti macan. Bagi pecinta kucing, jika pergi ke Okinawa pastikan kalian mengunjungi kucing-kucing yang satu ini ya..

Macan kecil, eh salah, kucing kecil
Macan kecil, eh salah, kucing kecil
Iriomote yang di Museum kan.. hiks..
Iriomote yang di Museum kan.. hiks..

 

4. Oleh-oleh khas Okinawa

Okinawa omiyage
Okinawa omiyage

Omiyage omiyage.. Omiyagenya mana? Yup. Pasti uda tau kan artinya omiyage.. Omiyage itu bahasa Jepang dari oleh-oleh..
Di Okinawa ini banyak oleh-oleh mulai dari makanan sampai benda-benda lucu yang bisa kamu bawa pulang sebagai kenangan dari Okinawa maupun dikasihin ke teman-temanmu.. Nih beberapa oleh-oleh khas Okinawa yang unik..

Gelas Ryukyu
Gelas Ryukyu

Gelas Ryukyu dikenal memiliki warna-warna yang indah serta motif-motif unik pada kacanya sehingga memiliki nilai seni yang tinggi. Mulai dari gelas, lonceng angin, sampai wadah lilin semuanya ada lho.. dan lucu-lucu pastinya..

Candle Ryukyu
Candle Ryukyu
Shisa mini dengan berbagai ekspresi
Shisa mini dengan berbagai ekspresi

Gimana? Tertarik untuk mengunjungi Okinawa?

 

SHARE
Previous articleBelajar Sejarah Jepang Dari Manga Karya Hirofumi Sawada
Next articleMenengok Kisah “Donten Ni Warau”
やるキ、げんキ、ゆキでーす! 国立スラバヤ大学卒業生(もうすぐ笑)、富山大学日研生でした。 ジャワ語、インドネシア語、英語、日本語。 O型、多趣味、偏見のない、チャレンジ好き、ダジャレ好き、たまに真剣(笑) 音楽:ジャニーズ(特NEWSとKAT-TUN)、アニソン、ボカロ、歌い手 やりたいこと:世界旅(宇宙も) どうぞ気軽にお話をかけてみてください!♪ Hello, Yuki Nyan here~ I've graduated from State University of Surabaya and I've been study abroad in Toyama University. Javanese, Bahasa Indonesia, English, Japanese. Blood type O, multivaried interests, open-minded, love to challenge, love jokes, sometimes being serious (lol) Music: Johnny's Entertainment (especially NEWS and KAT-TUN), Anisong, Vocaloid, Utaite Wanna do: World Journey (and also Space) Feel free to talk me~