Salah satu ras paling dominan dari dunia Dragon Ball selain manusia dan bangsa Saiyan adalah para Namekian atau dikenal bangsa Namek. Kata Namek diambil dari kata bahasa Jepang yaitu “namekuji” yang artinya adalah siput. Dan seperti namanya para bangsa Namek di Dragon Ball memang terlihat seperti manusia siput, katena memiliki dua antena yang berada di dahinya. Salah satu Namekian yang paling terkenal adalah Piccolo, rekan setia Son Goku yang hingga saat ini menjadi karakter yang cukup penting. Selama ini mungkin kita tidak menyadari, bahwa ternyata para bangsa Namek memiliki hal-hal unik yang mungkin kita tidak memperhatikannya. Penasaran?

1.Mereka terlahir dari telur

EGG

Yap, para Namekian yang kita kenal lahir dari telur. Hanya para tetua dari klan Dragon yang bisa menghasilkan telur berisi bayi Namekian. Bisa dibilang mereka bisa berkembang biak tanpa harus berhubungan seksual (aseksual). Dan uniknya, semua bayi yang dihasilkan juga berjenis kelamin pria. Di seri Dragon Ball, King Piccolo, salah seorang bangsa Namek yang bermutasi menjadi iblis juga mampu menghasilkan telur. Telur-telur itu dikeluarkan melalui mulut mereka. Pemimpin planet Namek yang bernama Guru telah melahirkan 109 bangsa Namek.

2.Tidak butuh makan untuk bertahan hidup

eat

Diceritakan waktu Krillin, Bulma, dan Gohan pergi planet Namek, tepatnya saatt Frieza Saga. Krillin menawarkan makanan kepada Dende, seorang anak kecil yang merupakan pendeta di planet Namek. Namun Dende mengatakan bahwa bangsa Namek tidak memerlukan makanan untuk bisa bertahan hidup. Mereka hanya membutuhkan air saja. Tetapi mereka juga tidak masalah jika harus memakan makanan, contohnya saja Piccolo Jr (Piccolo yang selama ini kita kenal) yang sering terlihat memancing ikan untuk ia makan. Lalu King Piccolo yang sering mengadakan pesta dan menyuruh kokinya untuk memasak makanan yang banyak. Semua itu untuk memenuhi kesenangan mereka saja.

3.Memiliki umur yang panjang

umur

Hal unik lain tentang bangsa Namek adalah mereka bisa berumur panjang. Beberapa karakter Dragon Ball dari Namek yang terlihat berumur panjang antara lain adalah: Guru tetua dan pemimpin planet Namek, ia diceritakan berumur 500 tahun dan baru meninggal karena faktor usianya yang terlampau tua. Lalu Kami yaitu dewa yang menjaga perdamaian bumi ini berumur lebih dari 300 tahun sebelum akhirnya ia melakukan fusion dengan Piccolo Jr. Cara membedakan tua atau tidak, coba saja lihat kerutan yang ada diwajah mereka.

4.Merupakan pencipta Dragon Ball

Dragon_Ball_GT_1_30_The_Game_After_Life_128960

Pencipta semua jenis Dragon Ball adalah seorang Namekian. Hingga kini kita mengenal beberapa jenis bola naga itu sendiri. Dragon Ball yang ada di bumi diciptakan oleh Kami, yang memiliki kemampuan untuk memanggil naga Shenron. Lalu Namekian Dragon Ball yang bentuknya sebesar bola basket dibikin oleh Guru, yang bisa memanggil Porunga. Ada juga Black Star Dragon Ball  yang bisa memanggil Omega Shenton di seri Dragon Ball GT juga dibikin oleh seorang bangsa Namek yang tidak bernama, sebut saja Nameless Namekian.

5.Mampu melakukan Fusion dan Fission

maxresdefault-4

Namekian memiliki kemampuan unik, yaitu bisa melakukan Fusion atau Fission (membelah diri). Ketika dua orang melakukan Fusion, salah satu dari mereka yang lebih kuat akan mendapatkan kekuatan tambahan dari rekan Fusion-nya. Hal ini terlihat pada saat Piccolo yang semakin kuat saat ia melakukan Fusion dengan Kami dan Nail. Sedangkan Namekian yang melakukan Fission adalah Nameless Namekian. Ia melakukan Fission membagi dirinya menjadi dua: Kami dan King Piccolo.

6.Memiliki Jurus Regenerasi

SlugRegeneration

Hampir seluruh bangsa Namek (apalagi para petarungnya) memiliki kemampuan bawaan sejak lahir yaitu regenerasi. Mereka bisa mendapatkan lengan atau bagian tubuh lain yang terlepas dari tubuhnya secara instan. Namun, bukan berarti mereka tidak bisa mati. Jika organ penting dalam tubuh mereka seperti otak atau jantung mereka rusak, mereka tentu saja tidak akan bisa melakukan regenerasi.

7.Bisa Reinkarnasi

Piccolo-KingPiccolo

Para bangsa Namek diceritakan lahir melalui telur yang dikeluarkan dari mulut tetua mereka. Lebih unik lagi, mereka bisa memindahkan akal dan pikiran mereka kepada calon bayi yang ada di telur yang mereka muntahkan, atau bisa dibilang bereinkarnasi. Hal ini dilakukan King Piccolo, saat menerima serangan terakhir Goku yang menembus badannya, King Piccolo langsung memuntahkan telur yang berisi Piccolo Jr.

Masih banyak ke unikan di anime Dragon Ball yang belum terungkap lho ?