Virus corona di Jepang benar-benar terasa menyerang dunia anime sejak awal 2020. Membuat banyak hal sedih seperti membatalkan berbagai event anime dan juga sampai menghambat produksi anime, membuat banyak anime yang ditunda penayangannya baik anime seri TV maupun movie. Hal ini tentu tak bagus bagi para staff balik layar, tak hanya animator tapi juga para seiyuu Jepang, yang dikabarkan banyak yang jadi miskin karena wabah coronavirus ini.

Kabar tersebut didapat dari survey darurat yang dilakukan Japan Actors Union, yang berusaha melihat keadaan keuangan anggotanya dalam masa virus corona yang menyebabkan dampak seperti yang telah disebutkan diawal. Survey itu direspon oleh sampai 528 orang, yang tak membedakan apakah mereka seiyuu anime dan game ataupun seiyuu dubbing film luar dan lain-lain.

Dan hasilnya, memang sangat mengkhawatirkan, dengan sekitar 75 persen dari responden mengatakan mereka tidak akan mendapatkan bayaran dari aktivitas yang dibatalkan. Aktor dan kepala Japan Actor Union Nishida Toshiyuki mengatakan kalau hasil survey menunjukkan kehilangan pekerjaan dan bayaran menciptakan level kemiskinan yang berbahaya bagi anggotanya.

Dan yang lebih sedih lagi, adalah yang berhubungan dengan pemakaian tabungan. Dikatakan kalau sekitar 52 persen benar-benar memakai tabungan mereka untuk memenuhi kebutuhan. Dan ada sekitar 26 persen mengatakan kalau bahkan tabungan mereka tidak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan, membuat mereka jadi harus berutang melakukan pinjaman uang.

Sepertinya karena dampak yang disebabkan oleh virus corona ini juga membuat munculnya trend baru dalam dunia seiyuu Jepang. Dengan perlahan semakin bertambah seiyuu yang memulai aktivitas dalam dunia maya dengan membuka channel Youtube.

Contohnya adalah seiyuu Kasuga Nozomi yang membuat channel Youtube dengan tujuan mencoba bagaimana beraktivitas dari Youtube dan untuk membantu mereka yang stres tak bisa keluar rumah karena virus corona.

Selain itu ada juga seiyuu veteran Imai Asami yang baru-baru ini membuka channel Youtube dan sedang menerima request mengenai apa yang penonton ingin dilakukannya di channel itu. Seiyuu Nakamura Yuuichi juga baru membuka acara talk show bersama sahabatnya dan Sugita, MC Mafia Kajita, yang berjudul Washagana TV yang baru merilis episode pertamanya.