Bagi para otaku atau fans dari Pak Shinkai Makoto palingan sudah tahu ya betapa suksesnya anime Kimi no Na wa/Your Name. Sampai-sampai Jepang akan memutar ulang karya Pak Shinkai yang pertama mengharumkan namanya 10 tahun lalu, 5cm per second, secara outdoor, pada pertengahan Oktober ini nanti. Dampak yang terasa juga untuk bidang wisata, karena kesuksesan Kimi no Na wa memberi lokasi Anime Pilgrimage baru, yaitu pada kota Hida.

kiminonawa-location3

Bagi yang belum tahu istilahnya, Anime Pilgrimage adalah lokasi nyata yang merupakan lokasi wisata Hot Spot bagi para fans anime yang patut dikunjungi. Beberapa yang lumayan terkenal contohnya adalah Nishinomiya dari anime Suzumiya Haruhi, Ikebukuro dari anime Durarara, Higashimurayama dari anime Totoro, dan masih banyak lagi.

Anime Pilgrimage Kimi No Na Wa

Tak sulit membayangkan kalau lokasi nyata yang dipakai untuk movie Kimi no Na wa juga akan menjadi hal yang sama. Movie terbaru Shinkai Makoto ini telah meraup jutaan Yen, dengan info terbaru mengatakan hingga minggu ini telah terjual lebih dari 10 milyar tiket dengan total harga 13 milyar Yen!! Dan telah memasuki posisi nomor 15 dalam Best 100 Movie di Jepang, mengalahkan Jurrasic Park dan movie Kaze Tachinu/Wind Rises karya Ghibli! Walaupun masih kalah dengan 4 anime Ghibli lainnya; Ponyo, MononokeHime, Howl’s Moving Castle, dan Spirited Away.

kazetachinu

Kota Hida itu sendiri memang sudah menjadi lokasi wisata bahkan sebelum menjadi lokasi Anime Pilgrimage. Ini karena keindahan pemandangan panorama akan alam sekitarnya dan desain arsitektur bangunannya yang bersejarah.

kiminonawa-location1

kiminonawa-location2

Dan karena kota ini dipakai sebagai model akan kampung halaman dari karakter Mitsuha dalam Kimi no Na wa, sekarang fans anime berboyong-boyong pergi ke berbagai lokasi disitu. Mulai dari stasiun kereta Hida-Furukawa, dan juga kuil Hien, atau gedung perpustakaan lokalnya, dan lain-lain.

kiminonawa-location1

kiminonawa-location2

Ketelitian akan keindahan dalam anime Kimi no Na Wa juga memberikan faktor extra. Bisa dilihat perbandingan antara lokasi animenya dan lokasi aslinya. Shinkai Makoto bersama rekan animatornya benar-benar detail dalam mentransfer keindahan dari bentuk 3D dari dunia nyata ke dalam bentuk animasi 2D.

Bagaimana Akiba-kei dan Akiba-chan? Mau coba berkunjung ke kota Hida? 😉