Kerja di Jepang bisa jadi merupakan impian kebanyakan orang yang sedang mempelajari bahasa mbulet itu sendiri. Entah yang masih kuliah atau lagi otodidak pake berbagai media. Kenyataannya, kerja di jepang memang nggak semudah yang dibayangkan. Terutama untuk menjadi pekerja tetap sih. Namun untuk kerja part-time atau arubaito biasanya lebih banyak tersedia. Apalagi kalau kalian sudah mendapat visa tinggal disana. Tentu bisa lebih banyak dapat kesempatan 😀

Ngomongin kerja di jepang nih. Sebelumnya Akiba Nation telah membahas lima pekerjaan aneh dengan gaji tinggi di Jepang. Kali ini penulis akan lanjut ke beberapa jenis pekerjaan part-time yang tergolong aneh dan langka tapi memiliki fee yang lumayan bikin kantong tebal. Pendaftarannya pun diklaim tidak perlu sangat formal dengan berbagai perlengkapan data untuk melamar. Cukup memenuhi syarat dari sang pemberi kerja.

Nah, apa aja part-time kerja di jepang yang unik dan aneh? Berikut jawabannya:

1 – Penata Botol & Vending Machine Scout

Ketika mendengar jenis pekerjaan part-time ini jangan berfikir bahwa kalian bakal kerja kayak orang di pabrik yang harus mengoperasikan mesin-mesin besar. Jangan salah. Ternyata penata botol yang dimaksud disini hanya merapikan botol yang keberadaannya “tidak pas” sebelum masuk ke vending machine. Gampang banget kan? Versi lainnya, produsen atau pemberi kerja juga bakal menawarkan jadi Vending Machine Scout. Tugasnya agak sedikit berat sih yaitu mencari spot/lahan yang tepat untuk meletakkan mesin itu sendiri.  Bila deal, kalian akan mendapat gaji yang lebih besar.

 

2 – Penjaga Iklan Balon

Kerja di jepang memang nggak perlu indoor kok. Kalian juga nggak usah repot-repot jadi kuli untuk arubaito di tempat outdoor. Ada satu perkejaan yang bisa dibilang gampang-gampang susah. Akiba-chan dan akiba-kei pernah lihat kan? Ada balon terbang disertai berbagai macam tulisan? Yup. Itu disebut iklan balon. Nah kalau disini penulis kurang tahu apakah iklan balon seperti itu dijaga atau dilepas begitu saja setelah selesai acara. Tapi kalau di jepang ada penjaganya sendiri lho.

Perusahaan/pihak yang sedang memakai iklan balon biasanya akan menyewa part-timer untuk menjaga balon-balon tersebut. Literally menjaga ya. Jadi balon nya pergi kemana kamunya juga musti ngikutin sampai selesai. Tugas utamanya adalah memastikan balon itu nggak nyangkut dan membahayakan fasilitas publik, atau pergi ke tempat menyimpang. Tiba-tiba terbang ke kuburan misalnya… 😀

 

3 – Bantal Hidup

Biasa disebut添い寝 (Soine/Co-sleeping). Ialah orang yang kerjanya menemani saat tidur. Eitss.. ini bukan “tidur” ya, tapi beneran buat teman saat kamu nggak berani tidur sendirian. Atau saat kamu butuh teman ngobrol sebelum merajut mimpi. Untuk menggunakan jasa inipun ada aturan ketatnya lho. Misalnya denda bila bertindak kurang sopan, denda pembatalan, pembayaran tambahan bila minta dibuatkan makanan/minuman, dll. Soine menjadi trend part-time yang sempat viral di tahun duaribuan. Sayangnya sih kebanyakan cuma part-timer cewek yang bisa kerja sebagai Soine. Hehe

 

4 – Pacar Rentalan

Kalau yang ini lebih ekstrim ketimbang pekerjaan nomor 3. Kalau soine cuman datang sebentar buat nemenin tidur, pacar rentalan bisa disewa seharian. Tertarik untuk ikutan agensi yang menyediakan part-time seperti ini? Syaratnya mudah. Akiba-chan aatau akiba-kei cukup punya wajah yang menjual, attitude jempolan, punya banyak waktu plus penyabar. Pacar rentalan kebanyakan diisi oleh para cowok muda. Bayarannya pun tergolong mahal. Untuk newbie biasanya dibanderol 5000 yen per jam. Belum termasuk servis seperti membelikan makanan, nonton bioskop atau tiket masuk wahana bila menyewa ingin ke tempat wisata. Seluruh bill akan dibebankan pada penyewa belakangan.

Menurut beberapa situs, kebanyakan penyewa pacar rental di jepang ini adalah ibu-ibu atau wanita paruh baya yang butuh teman untuk jalan-jalan. Umur pacar rentalan inipun beragam, mulai 18 tahun sampai ojisan yang hampir 40 tahunan. 😀 Yang cewek apa juga ada? Ada. Namun harganya lebih mahal dari rental pacar cowok. 😀 Btw, rental pacar di jepang bukan seperti rental P*K di rumah bordil ya. Syarat dan ketentuannya sangat berbeda. Karena tujuannya memang hanya untuk teman jalan-jalan. Lihat film Rental No Koi deh kalau penasaran. Kurang lebih emang seperti itu kok.

Kebanyakan dari part-timer yang bekerja sebagai pacar rentalan memperoleh pendapatan 20 – 50 ribu yen sekali dapat orderan. Ajegile ada yang mau coba?

 

5 – Penutup Pintu Kereta

Disebut juga Oshiya. Oshiya merupakan pekerja yang bertugas mendorong orang masuk ke kereta, lalu menutup pintunya sebelum kereta berjalan. Pekerjaan macam apa itu? Ini merupakan pekerjaan part-time di jepang yang agak berbeda dari empat lainnya diatas. Kalau yang diatas kebanyakan di-hire oleh swasta atau pribadi, Oshiya dipekerjakan dibawah pengawasan instansi transportasi publik pemerintah.

Part-timer yang lolos sebagai petugas penutup pintu kereta ini akan diperkerjakan di stasiun-stasiun jepang. Terutama yang padat penumpang. Tugasnya jelas,, mendorong penumpang untuk dapat masuk dalam kereta yang penuh. Setiap kali rush hour, Oshiya siap membantu penumpang yang sulit untuk masuk ke dalam kereta. Oshiya akan terus mendorong penumpang hingga pintu kereta tertutup dengan baik. Mereka berkewajiban memastikan seluruh penumpang masuk. Biar tidak ada yang terjepit atau pintunya terbuka saat kereta jalan. Karena bila terjadi akan sangat membahayakan.

Ngomongin tentang gajinya. Menjadi Oshiya tentu bakal punya gaji yang lebih terjamin. Kerjanya juga kebanyakan menggunakan otot. Tapi kalau akiba-chan dan akiba-kei ogah sih kayaknya jadi pacar rentalan lebih menyenangkan. Toh kalau lagi banyak order bakalan bikin dompet tebel juga hehe. Cuman bedanya kalau Oshiya kerja secara pasti tiap hari, sedangkan Pacar rentalan belom mesti tiap hari ada job 😀

nah itulah beberapa kerja di jepang yang unik dan aneh tapi bikin gemuk dompet. Akiba-chan dan akiba-kei mau kerja di jepang juga SECARA GRATIS plus DISEKOLAHIN lagi? Ikutan nih AWAJI YOUTH FEDERATION (klik linkya). Bisa meniti jenjang karir sambil belajar. Buruan daftar ya 🙂

Comments

Loading...