Kita sudah mencapai akhir bulan Oktober, dan itu berarti saatnya perayaan yang berhubungan dengan buah labu 😉 Halloween. Walau kita tak merayakannya besar-besaran seperti di Amerika, tapi dekorasi Halloween tetap menghiasi berbagai mall disini. Kalau di Jepang mereka merayakannya dengan cosplay dan pesta besar, apalagi di Shibuya. Tapi sayangnya pesta itu sering jadi kacau, begitu juga dengan Halloween Shibuya 2018 ini.

Walau Halloween terjadi tanggal 31 Oktober, tapi mereka-mereka yang di Jepang sudah mulai berpesta dari tanggal 27-28 kemarin. Maklum karena Weekend, anggap pesta malam mingguan atau cari pacar. Dan salah satu yang paling ramai adalah di Shibuya, Tokyo, yang didatangi tak hanya remaja dan orang dewasa muda, tapi juga orang barat.

Namanya pesta-pesta, tentu ada makan-makan dan minum-minum, dan digabung dengan Halloween, banyak yang datang dengan cosplay. Dari karakter animanga ataupun kostum original. Tapi sepertinya yang namanya generasi muda yang penuh gairah dan semangat, walaupun mereka orang Jepang, saat bersenang-senang itu mereka jadi lupa diri dan bertingkah kelewatan.

Banyak beredar fotofoto, video, dan berita yang memperlihatkan kericuhan yang terjadi. Ada yang buang sampah sembarangan(lagi) dan berantem, ada yang menaiki truk sembarangan sambil buka baju, dan menterbalikkan truknya. Dan ada yang pakai kesempatan menggrepe dan ambil foto para wanita diam-diam. Bahkan ada yang ngajak ribut polisi.

Alhasil, pada akhir malam minggu dan pesta kacau itu, pihak kepolisian daerah Shibuya menangkap sampai lima orang pembuat keributan. Terasa kalau ini lebih parah lagi daripada masalah sampah dalam Halloween Shibuya 2017 lalu.

Dan keributan itu saja baru weekend sebelum Halloween. Kemungkinan saat malam hari Halloween itu sendiri bisa lebih menakutkan lagi. Ini membuat Walikota Shibuya, Hasebe Ken, tak hanya khawatir tapi juga marah dan kecewa. Karena itu, sang walikota telah mengumumkan kalau ia akan semakin memperkuat penjagaan polisi saat hari Halloween ini.

Ia juga mengatakan kalau mereka yang membuat keributan itu tidak memiliki rasa peduli dan hormat kepada warga Shibuya. Ada orang-orang yang ingin menikmati Halloween dan Shibuya dengan damai, tapi melihat mereka yang menghancurkan hal tersebut tak dapat dimaafkan. Beliau kemudian sekali lagi mengingatkan mereka yang ingin merayakan Halloween tanggal 31 ini di Shibuya untuk melakukannya dengan sopan, teratur, dan memperhatikan lingkungan sekitar.

Comments