Negara Jepang memang terkenal akan kereta peluru alias Shinkansen. Dan selain itu, sudah ada berbagai kereta menarik yang dibuat Jepang. Seperti kereta Shinkansen Hello Kitty dan Shinkansen Evangelion sampai kereta cafe kucing. Dan kini muncul sebuah kereta Jepang baru yang tak kalah menarik dengan kereta-kereta itu, dengan tampilan interior yang begitu indah sampai ada taman indoor! Mari kita cek kereta Kyo-train Garaku.

Nama kereta tersebut merupakan permainan kata, yang ditulis menjadi Kyotorein. Dan sesuai dengan nama tersebut, kereta ini berada pada jalur rel Osaka Kyoto dan dibuat oleh perusahaan operator kereta swasta terkenal yang beroperasi di daerah Kansai, Hankyu Corporation.

Hankyu mengatakan kalau kata Garaku memiliki arti Keanggunan, yang dapat dengan jelas terlihat begitu penumpang memasuki kereta dengan dinding luarnya yang berwarna maroon itu, yang merupakan warna khas perusahaan Hankyu.

Dan Kyoto tak hanya menjadi spot lajur kereta tersebut. Hankyu mengatakan kalau konsep dari Kyo-train Garaku itu sendiri adalah untuk membuat penumpang terasa sudah berada di Kyoto sejak menaiki kereta tersebut.

Sesuatu yang dapat dengan mudah dirasakan berkat desain interiornya yang memang sungguh terasa bagaikan sisi tradisional negara Jepang, dengan banyaknya elemen kayu. Total ada enam gerbong dari kereta ini, yang memiliki berbagai fungsi dan desain yang berbeda, dengan tema masing-masing gerbong berdasarkan musim di Jepang.

Gerbong satu dan enam didesain untuk penumpang yang bergrup, dengan motif berdasarkan rumah kota Kyoto yang mewah dan tradisional. Dengan ukuran kursi dan ruang yang luas agar beberapa penumpang dapat mengobrol dengan riang.

Gerbong tiga dan empat memiliki desain kursi yang menghadap ke jendela dan dengan meja, membuat penumpang dapat menikmati pemandangan luar. Kursi pada gerbong ini didesain untuk relaksasi, dan juga memiliki banyak tempat duduk single bagi penumpang yang tidak dalam grup.

Terakhir adalah gerbong dua dan lima, yang susunannya seperti kereta Jepang umum. Tapi inilah gerbong yang paling menjunjung kata Keanggunan pada nama kereta itu, dengan penumpang dapat melihat dan merasakan nuansa tradisional kereta tersebut, sampai dibuat taman indoor ala Zen Garden seperti pada kuil atau rumah tradisional Jepang.