Beberapa minggu lalu kita melihat ide kreasi fans untuk produk mainan Lego animanga Naruto yang terlihat kece yang kini sedang dalam fase review. Tapi itu bukan satu-satunya ide produk lego dari fans yang bertema anime, karena ditemukan ada lagi projek serupa yang memakai anime yang tak kalah populer dan seru, yaitu set lego bertema dua film anime terkenal buatan studio Ghibli, Spirited Away dan Totoro!

Kedua ide lego Ghibli tersebut dibuat oleh orang yang sama, yaitu user Lego Ideas dengan nama Legotruman, dan hasil ide buatannya terlihat faithfull dengan beberapa elemen ikonik dari kedua film anime terkenal tersebut.

Kita mulai dari Lego Spirited Away dahulu. Set tersebut terdiri dari bangunan bathhouse yang jadi setting anime tersebut yang jadi tempat untuk menyimpan para karakter dan set rekreasi adegan ikonik anime itu. Seperti adegan saat Chihiro dan No Face naik kereta, atau tempat kerja Kamaji, dan kantor saat Chihiro bertemu Yubaba.

Karakter manusia seperti Chihiro tampil sebagai lego figure, tapi karakter lainnya perlu dibangun dulu karena bentuknya yang bukan manusia. Yubaba, Kamaji, No Face juga termasuk, dan No Face bisa punya form lain saat ia jadi gemuk karena banyak makan. Haku memiliki lego figure untuk bentuk manusia dan juga wujud naganya yang perlu dibangun dahulu.

Set tersebut masih pada tahap awal, dimana mereka baru dapat 7.300an support, dan masih perlu 2.700an support lagi sebelum mereka dapat memasuki masa review dari pihak lego seperti yang sedang terjadi pada set lego Naruto.

Tapi tak hanya itu kreasi Legotruman, karena ia juga memperlihatkan set lego lain lagi buatannya yang bertema film Totoro. Set yang lebih kecil tapi tak kalah faithful, yang terdiri dari lego figure Satsuki dan Mei, dan Totoro besar dan kecil yang perlu dibangun, dan juga lego Cat Bus yang dapat dibuka dan dimasuki Satsuki dan Mei dan sedikit posable dengan artikulasi pada kakinya.

Set lego Totoro dan Cat Bus tersebut juga masih belum mencapai fase review, dengan saat ini mereka baru mendapatkan 6.400an support, dan masih perlu 3.600an support untuk masuk fase review oleh pihak Lego.