Halo Akiba-kei dan Akiba-chan. Tak terasa sudah mau akhir September. Betewe soal September, siapa disini gamer yang sudah membeli game Persona 5? Selamat ya untuk kalian, sementara yang menunggu Final Fantasy XV perlu menunggu sampai akhir November 🙁 Eniwei, game Persona 5 terbilang cukup unik dibandingkan Persona 3 dan 4, karena lokasi setting Persona 5 bukanlah dalam lokasi fiksi. Setting Persona 5 terletak di Tokyo. Dan Atlus sebagai developer, benar-benar detail dalam menciptakan lingkungan yang sesuai dengan lokasi aslinya.

Dan detail ini juga diperlihatkan oleh para gamer yang sudah membeli dan memainkan game Persona 5. Banyak yang membandingkan lokasi asli dengan lokasi yang muncul dalam Persona 5. Walaupun untuk nama atau desain tokonya diubah sedikit untuk menghindari hukum hak cipta.

Kita mulai dari stasiun menuju daerah Sangenjaya. Disitu terdapat batting center, tempat arena arcade untuk bermain bola kasti/baseball, dan tempat-tempat lainnya.

Dan dalam Persona 4, daerah tersebut diubah namanya menjadi Yongenjaya. Tapi penampilan dan denahnya masih terlihat sama, mulai dari cafe, stasiun, dan juga batting center-nya.

Protagonis dapat masuk ke batting center untuk memainkan mini game yang dapat menaikkan statnya

persona5-tokyo-batting

persona5-tokyo-batting2

Kemudian kita pindah ke lokasi lain. Bangunan bioskop yang dibagian atasnya bertuliskan Eiga ha Chuugeki. Bioskop ini juga berdasarkan bioskop asli di Morioka yang bernama Sangenjaya Chuei Gekijou.

persona5-tokyo-eiga

Dalam Persona 5 bioskop ini dapat dikunjungi dan sang protagonis dapat menonton, atau mengajak date pacarnya kesitu. Penampilan luarnya tidak se-Wah aslinya karena tidak banyak dipasang poster movie seperti dalam lokasi aslinya.

persona5-tokyo-eiga2

persona5-tokyo-eiga1

Kemudian adalah onsen atau pemandian umum yang terletak dekat situ. Onsen ini dibuat berdasarkan onsen Sendai/Chiyo no Yu.

persona5-tokyo-chiyo

Dan dalam Persona 5, sang protagonis dapat berkunjung dan mandi dalam onsen itu, yang disini diubah namanya menjadi Fuji no Yu. Sepertinya namanya berdasarkan lukisan gunung Fuji yang dicat pada dinding pemandian pria di Chiyo.

persona5-tokyo-fuji

Kemudian kita akhiri dengan pergi ke Hanamasa. Bukan, ini bukanlah restoran Hanamasa 😀 tapi merupakan sebuah supermarket bernama Niku no Hanamasa. Sebuah supermarket yang terkenal menjual beragam daging dengan harga yang sangat terjangkau.

persona5-tokyo-masahana

Dan coba kita bandingkan dengan supermarket Muramasa yang muncul dalam Persona 5. Walaupun ada sedikit perubahan dalam warna dan nama, masih terlihat kemiripannya. Tulisan Kana dibagian atas dan romaji dibawahnya, dan letak penjualan sayur disebelah kiri dan barisan sepeda disebelah kanan.

persona5-tokyo-masamura

Wah kalau kayak begitu kita yang belum bisa ke Tokyo bisa coba main Persona 5 saja kali ya supaya bisa lebih tahu lokasinya 😉 mencegah supaya tidak tersesat hehehe 😀 tapi sabar dulu ya bagi yang ingin versi Inggrisnya, keluarnya valentine tahun depan.
Dan sebagai penutup, sebuah lagu penggoda untuk membeli Persona 5, dan PS4 Slim 😀