Awal bulan Agustus ini sudah ada beberapa hal mengejutkan. Salah satunya adalah perilisan app game Pokemon GO secara resmi di Indonesia, Singapore, dan negara-negara lainnya secara bersamaan beberapa hari lalu. Jadi kalau mau update sekarang kita ga perlu cari dan unduh apk ya hehehe. Tinggal langsung saja ke Google Playstore ๐Ÿ˜‰

pokego

Tapi dimana ada terang ada juga bayangan. Walaupun sekarang Pokemon GO sudah masuk Indonesia secara resmi, permainannya itu sendiri sekarang telah mengalami perubahan, apalagi dalam hal mencari pokemon.

Sebelumnya terdapat sistem 3 step tracking yang dapat memperlihatkan jarak player dengan pokemon. Tapi sebuah glitch membuat sistem tersebut jadi kacau dan membuat player tidak dapat mengetahui jarak pokemon itu, sehingga Niantic memutuskan untuk menghapuskannya.

pokeglitch

Untuk alternatifnya, para player Pokemon GO, terutama bagi mereka yang tinggal di Amerika, bisa juga memakai sebuah website bernama PokeVision. Sesuai namanya, ini adalah website yang dapat mendeteksi dan melihat posisi Pokemon secara langsung.

Ini lebih ampuh dari sistem tracking dalam app Pokemon GO itu sendiri karena langsung menunjukan pokemon apa saja disekitar player dan jaraknya. Tapi ini dibuat oleh pihak ketiga tanpa keterlibatan Niantic. Dan pada akhir Juli lalu, atas permintaan dari perusahaan Niantic itu sendiri, yang menganggap hal tersebut sebagai โ€œcheatingโ€ maka diputuskan website PokeVision ditutup.

pokevision

Wah jadi makin sulit ya mencari pokemon di GO. Tapi dimana ada niat disitu ada jalan. Walaupun dengan kesulitan tersebut tetap saja ada yang cerdik dan kreatif memecahkan masalah ini. Salah satunya adalah TJHunter, seorang member komunitas Particle. Dan ia telah membuat sebuah alat pendeteksi pokemon yang keren. Dalam game pokemon kita butuh Pokeball untuk menangkap pokemon, dan itulah yang dilakukannya.

TJHunter membuat sebuah Pokeball asli, yang dapat mendeteksi dengan GPS chip didalamnya bila ada pokemon didekatnya. Saat Pokeball itu menangkap lokasi pokemon, bola itu akan bergetar seperti Pokeball yang bergetar saat menangkap pokemon dalam game. Ia sendiri sudah mencobanya dan berhasil menangkap Raichu dalam percobaan pertama. Keren bangeeet!

Dan yang lebih keren lagi, kita juga bisa membuatnya sendiri! Yaa kalau ada bahan-bahannya. Tapi TJHunter sendiri juga sudah memberikan instruksi akan bahan-bahan yang diperlukan dan cara membuatnya. Bagaimana minna? Mau mencoba membuatnya juga?