Di era digital seperti sekarang ini, para pelaku seni ilustrasi atau yang sering disebut mangaka jika di Jepang, mendapat masa transisi yang memaksa mereka untuk mendalami ‘skill’ ilustrasi modern. Salah satunya, para mangaka terkenal di Jepang banyak yang mulai menerapkan program ilustrasi digital. Secara simpelnya, kita sebagai mangaka harus belajar menggambar di komputer.

Meski begitu, perubahan yang terjadi tidak merugikan generasi yang mengalaminya. Malah, dampak yang ditimbulkan lebih condong menguntungkan bagi para pelaku seni. Seperti menaikkan produktivitas, meningkatkan kecepatan, memudahkan proses, menambah daya kreativitas serta kualitas.

Nah, omong-omong soal karya, ada beberapa karya animanga yang mampu dijadikan pembelajaran bagi para mangaka yang baru belajar. Mengupas kehidupan seputar ilustrator serta perjuangannya, karya-karya berikut ini pantas dikonsumsi oleh Minna-san sekalian yang berniat mendalami dunia menggambar! Akiba-chan dan Akiba-kei sekalian ingin jadi mangaka terkenal? Sungguh? Coba koleksi 6 animanga berikut ini! 😀

1. Bakuman

Tsugumi Ohba dan rekannya, Takeshi Obata, merupakan duo penulis yang menjadi orang penting di balik perjalanan panjang serial manga Bakuman. Karya mereka berdua ini bahkan telah diadaptasi menjadi anime tiga musim di saluran televisi Jepang.

Bakuman (バクマン) bercerita tentang dua orang pemuda yang mempunyai cita-cita menjadi mangaka terkenal. Mereka berdua bernama Moritaka Mashiro dan Akito Takagi, murid SMP kelas 9. Awalnya, Mashiro tidak ingin menjadi seorang mangaka. Mengingat, pamannya adalah mangaka sejati dan meninggal karena pekerjaannya itu.

Takagi yang merupakan teman dekatnya berusaha meyakinkan Mashiro untuk mendalami dunia manga. Bermacam-macam upaya telah dilakukan Takagi untuk membuat Mashiro percaya atas gagasannya. Tetapi semuanya ditepis Mashiro dengan alasan utama, kematian sang paman yang masih membayangi. Namun, cinta dapat mengalahkan ketakutan itu.

Takagi tahu bahwa temannya satu sedang menyukai seorang gadis bernama Miho Azuki. Ia pun memanfaatkan kesempatan tersebut, mengambil hati Mashiro agar menyetujui bekerja sama dengannya. Dengan ide yang cerdik dan skema perencanaan yang matang, diaturlah sebuah pertemuan. Berawal dari sebuah janji, semangat Mashiro melambung tinggi dan perjuangan mereka berdua untuk menjadi seorang komikus profesional telah dimulai.

Baca juga : Ada Kisah Mengerikan Di Balik 5 Pokemon Menggemaskan Berikut Ini

2. Gekkan Shoujo Nozaki-kun

Mangaka Terkenal

Chiyo Sakura sebelumnya tidak pernah tahu bahwa pemuda yang dicintainya adalah seorang mangaka. Di suatu hari, saat dirinya menyatakan perasaannya terhadap pemuda tersebut, sebuah tanda tanganlah yang ia dapat sebagai jawaban. Sakura berkata ia ingin terus berada di dekat remaja laki-laki itu. Dia akhirnya diundang untuk berkunjung ke apartemen kediaman si lelaki. Undangan tersebut ditepati oleh Sakura, dan dia dipinta menjadi asisten menggambar oleh pemuda yang dicintainya.

Umetaro Nozaki, itulah nama lengkap laki-laki yang disukai oleh Sakura. Dia adalah seorang komikus dengan nama pena Sakiko Yumeno. Nozaki mengira bahwa pernyataan cinta dari Sakura adalah penyataan suka dari salah satu penggemar berat komik buatannya. Sehingga, ia pun memberikan secarik tanda tangannya pada Sakura dan meminta ia menjadi asisten pribadi dalam menggambar.

Nozaki dan Sakura bersama-sama menggarap manga berjudul Koi Shi Yo (恋しよっ). Meski condong ke komedi, seluk-beluk pembuatan komik pun sering ditampilkan. Minna-san bisa belajar sambil tertawa.

3. Moeyo Pen / Burning Pen

Via Mangapark

Jika Sahabat Akibanation suka dengan komik yang penuh semangat, maka cobalah masukkan Moeyo Pen (terbitan Jepang) atau Comic Bomber (terbitan Indonesia) ke dalam keranjang bacaan kalian. Karena bagaimana pun, Comic Bomber berhasil mewujudkan imajinasi terliar dari pekerjaan mangaka.

Tiada satu pun yang lebih bersemangat dalam membuat komik selain Moyuru Hono dan rekannya. Melalui editor misterius, dirinya mendapat banyak tantangan dalam membuat komik yang diluar nalar manusia biasa. Berbagai deadline yang betul-betul bisa memotong leher seniman diberikan oleh sang editor. Ia bahkan bertindak seolah-olah sedang menguji batas kemampuan si mangaka.

Digambar dengan gaya yang penuh semangat dan berapi-api, komik satu ini wajib Minna-san bawa pulang dari toko buku terdekat.

Baca juga: Warbyasah, Panasonic Ciptakan Alat Penerjemah Mirip Milik Doraemon!

4. Dojin Work

Via Twitter

Najimi Osana adalah mangaka khusus dojin yang mempunyai semangat untuk bisa memenangkan ajang doujinshi terbesar di Jepang. Ia bertekad untuk mengumpulkan banyak uang dan menjadi sukses di masa depan. Dengan semangat sebesar itu, dimulailah petualangannya dalam menggambar ‘komik penggemar’ tersebut.

Osana sebenarnya tidak pernah berpikir bahwa ia akan menjadi seorang komikus. Yang ia tahu, dirinya harus bekerja agar bisa bertahan hidup. Setelah mendapati dirinya kehilangan pekerjaan karena suatu alasan, ia jadi kebingungan. Pertemuannya di sebuah festival dengan teman semasa kecilnya yang sedang berjualan manga dojin memberinya inspirasi. Ia ingin menjadi seorang pegiat dojin, memenangkan ajang dojin terbesar di Jepang, dan memulai karirnya yang baru sebagai seorang seniman terkenal!

Seiring bergulirnya cerita, kita akan dibuat masuk ke dalam dunia Najimi Osana dan merasakan semangatnya meraih cita-citanya menjadi mengaka profesional.

5. Comic Party

Via Pinterest

Manga satu ini bercerita tentang kehidupan gadis biasa bernama Kazuki. Tapi sayang, ia menjadi “tidak normal” lagi ketika dirinya terseret ke dalam dunia otaku. Ia kemudian berniat menjadi seorang komikus dan membuat serial komik secara indie. Namun cita-citanya mendapat rintangan. Ia menuai konflik dengan teman masa kecilnya yang memandang remeh kehidupan para otaku.

Kita bisa belajar banyak perihal hubungan persahabatan dan cita-cita dari manga satu ini.

Nah, Akiba-chan dan Akiba-kei sekalian sekarang sudah menemukan rekomendasi manga atau komik yang pas, bukan? Yuk, mari berjuang bersama dalam menggapai cita-cita! syukur-syukur bisa jadi mangaka terkenal baik di dalam maupun luar negeri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here