Kenapa Kita ingin ada Ennichisai lagi?

Pertanyaan yang mungkin bisa memiliki seribu jawaban, (lebay gak sih? sepertinya tidak). Karena event yang bertujuan membawa seklumit suasana kota tokyo di sebuah sudut kota Jakarta ini terbukti berhasil menghasilkan event dengan konsep, display, hingga suasana yang mungkin belum bisa ditandingi oleh acara yang bertujuan serupa. Sempat mendapat isu bahwa pelaksanaan nya akan terhenti, ternyata Ennichisai 2015 tetap hadir bahkan semakin membuktikan diri sebagai event major yang prestis.

Lalu apa jawaban yang paling cocok mengenai pertanyaan kenapa kita ingin ada Ennichisai lagi? Maka jawaban nya mungkn bisa dirangkum menjadi 3 poin berikut, Hiburan, Budaya, dan Pengetahuan. Ennichisai terbukti mampu menjadi representasi dari 3 poin utama yang hampir wajib ada di festival budaya Jepang.

Yang pertama Hiburan, sudah jelas dalam sebuah festival target utama pengunjung adalah untuk dapat terhibur atau mendapatkan hiburan dari penatnya kegiatan sehari-hari. Dan tidak diragukan lagi Ennichisai sangat sukses dalam poin hiburan kali ini. Mulai dari 2 panggung yang berdiri kokoh, hingga ratusan tenant yang berjajar di sepanjang kawasan blok M, menjadi pelarian utama para pengunjung yang ingin terhibur. Lalu yang menjadi prestasi penting Ennichisai kali ini ialah sajian Pop Culture stage yang menawarkan line-up brilian dengan mendatangkan rising Idol dari Jepang. Bekerja sama dengan Thanks Creative melalui sebuah tajuk Tokyo Hits, 4 unit Idol group dari Jepang plus 1 unit Idol Baru dari Indonesia menjadi pertunjukkan menarik dan berharga bagi para pengunjung yang bahkan tidak perlu membayar tiket masuk untuk menikmatinya. Faint Star, Love Android, Pink Babies dan Starmarie pun bersemangat untuk menyapa penggemar di Indonesia untuk pertama kali nya

IMG_9821
Starmarie
Love Android terlihat Bersemangat melihat antusias dari penonton Indonesia
Love Android terlihat Bersemangat melihat antusias dari penonton Indonesia
Suasana Blok M, yang seperti menjadi district di Tokyo

Pop Culture Stage juga tidak kekurangan hiburan selain rentetan Idol diatas, semua grand Final kompetisi dari rangkaian CLAS:H juga menjadi Hiburan yang tak kalah seru. Selama 2 Hari berturut-turut meskipun sebagai minor stage, Panggung yang satu ini tak pernah sepi dan akan sangat sulit untuk dapat berdiri di Row terdepan.

Dari hiburan, salah satu yang menjadi “nilai lebih” Ennichisai adalah budaya. Ennichisai berhasil menyajikan budaya Jepang yang terbilang komplit jika dibandingkan dengan event serupa. Main Stage yang didedikasikan untuk menampilkan berbagai sajian budaya juga membuktikan bahwa Ennichisai memang sebuah acara akulturasi/penyatuan budaya bagi para pengunjung. Dan trademark yang seakan menjadi ciri khas dari Ennichisai, ialah ikon Mikoshi yang diarak selama beberapa kali saat acara berlangsung. Hal ini tak hanya sebagai penampilan budaya saja, namun juga bisa menjadi sebuah refleksi suasana festival Jepang yang begitu kental.

Mikoshi
Mikoshi yang dipajang, sebelum akhirnya diarak berkeliling kawasan Blok M
IMG_9834
Suasana saat Mikoshi Parade berlangsung
Main Stage Ennichisai
Main Stage

Dan dari semua rangkaian hiburan dan budaya yang disajikan, konsep yang mungkin implisit atau terselip dari pagelaran Ennichisai 2015 lalu, ialah unsur pengetahuan dan wawasan yang bisa diambil. Mungkin target utama merupakan pengunjung yang akan ter-edukasi mengenai bagaimana Budaya Jepang yang disajikan, mulai dari bentuk, tatanan, hingga maknanya. Namun tak hanya sebagai pengunjung, mulai dari pengisi acara, masyarakat sekitar, panitia penyelenggara, hingga pendukung acara (seperti kita dari pihak media) benar-benar merasakan bagaimana sebuah event besar diorganisir, dan dilangsungkan baik hal tekhnis yang terlihat maupun yang mungkin berada dibalik layar.

Poin-poin tersebut mungkin sukses disajikan oleh Ennichisai, maka dari itu event sekelas ennichisai mungkin menjadi event yang sangat ditunggu baik itu oleh para pecinta pop culture Jepang, penikmat budaya, maupun masyarakat umum. Dan tak ada alasan kuat untuk meniadakan event yang satu ini di tahun-tahun berikutnya. Ennichisai 2015 praktis hanya mempunyai masalah minor tekhnis, dan sisanya merupakan suatu keberhasilan untuk memperkenalkan budaya Jepang dengan baik. Mungkin jawaban untuk “Kenapa ingin ada Ennichisai lagi?” akan beragam jika ditanyakan ke ribuan pengunjung yang hadir selama 2 hari perhelatannya.

IMG_9563

IMG_9571

IMG_9890
Yumi dan Merch Ennichisai 2015

IMG_9918

IMG_9985
Love Charge!!!

Nantikan juga berbagai interview yang telah kita himpun selama perhelatan Ennichisai, keep smile, We want more Ennichisai!!!