Menelisik Kesuksesan Penyelenggaraan AFAID

Antrian masuk AFAID 2015 Photo by Frans
Antrian masuk AFAID 2015 Photo by Frans
Antrian masuk AFAID 2015
Photo by Frans

Happy weekend people! Bagaimana? Sudah move on belum dari AFAID 2015? Bagi yang tidak bisa datang kemarin, niih Akiba mau review kembali salah satu perhelatan festival anime terbesar di Indonesia.

AFAID 2015 sukses dilaksanakan pada tanggal 25-27 September 2015. Awalnya banyak yang ragu untuk menghadiri acara ini karena daerah pelaksanaan yang kurang “ramah” angkutan umum. Namun, hal itu ternyata tidak mengurangi antusias para pecinta anime untuk datang ke acara tersebut.

KehadiraN FLOW di mini stage area exhibition Photo by ZOMMOZomb
KehadiraN FLOW di mini stage area exhibition
Photo by ZOMMOZomb

Hari pertama saja, gate pintu masuk sudah dipenuhi dengan antrian. Saya rasa salah satu penyebabnya adalah dihadirkannya para artiste yang memang banyak disenangi oleh fans Indonesia. Salah satunya adalah FLOW. Pasti pada tau dong siapa itu FLOW? Yup melalui single-nya GO! (OST Naruto), FLOW berhasil menarik minat para pecinta Anisong di Indonesia. Hari kedua dan ketiga tidak kalah serunya. Kompetisi AFA Regional Cosplay Competition (ARCC) menjadi point utama dari keseluruhan acara. Kehadiran para guest star cosplayer juga tidak kalah membuat para fans membara di mini stage.

Penampilan KANAME pada acara Meet & Greet All Star Cosplayer di mini stage Photo by ZOMMOZomb
Penampilan KANAME pada acara Meet & Greet All Star Cosplayer di mini stage
Photo by ZOMMOZomb

Nah mari kita review kenapa sih AFA bisa sukses diadakan di Indonesia? Kenapa meski banyak pro dan kontra sebelum acara berjalan, namun acara tetap berjalan dengan mulus? Berikut sedikit observasi dari author :
1. Survey the market
Saat menghadirkan konten acara dan pengisi acara, tentunya penyelenggara sudah mengecek terlebih dahulu apa yang sedang in di Indonesia. Bahkan sebelum diselenggarakannya acara, penyelenggara membuka public survey untuk mengetahui anime apa yang sedang diminati di Indonesia, konten apa dan siapa saja yang ingin dihadirkan pada acara tersebut.

2. You got what you paid
Tiket tahun ini memang mengalami kenaikan, namun sepertinya harga tiket tersebut dirasa layak karena konten yang dihadirkan memang tidak main-main. Bagi kamu yang hanya dapat membeli tiket exhibition saja masih dapat melihat artis kesayangan kamu di mini stage yang sudah disediakan di area exhibition.
3. Strict rules but serving

Memang bisa dilihat sistem peraturan yang dibuat terasa ketat, namun itu semua demi kenyamanan bersama.

Sekian pendapat dari author. Semoga bisa menjadi informasi yang berguna.