Siapa yang belum baca komik Deadly 7 Inside Me? Wah, seharusnya yang demen baca komik-komik di LINE Webtoon pasti tahu komik satu ini. Ya, baru-baru ini Deadly 7 Inside Me mendapat titik temu terangnya. Setelah sekian lama mondar-mandir di webtoon challenge, komik bergenre fantasi tersebut akhirnya diangkat menjadi webtoon official. Sekarang, komik yang dibuat oleh komikus bernama pena Deruu RioTa itu sudah dapat dinikmati episode barunya tiap hari Sabtu, update seminggu sekali.

Siapa sangka, sebelum menjadi komik terkenal yang dibaca serta diikuti lebih dari 25.000 pengguna di Indonesia, Deadly 7 Inside Me merupakan buah karya yang sedikit peminat. Pasalnya, Deruu hanya mengunggah komik tersebut di halaman facebook miliknya dengan mode empat panel. Genre yang dipakai sebelumnya adalah komedi, bukan fantasi. Komik karyanya juga dipajang di situs ngomik.com, namun tetap sepi pengunjung. Kemudian salah seorang temannya menganjurkan untuk ikut LINE Webtoon Challenge dan berhasil lolos.

Webtoon
Penampakan halaman depan Webtoon Deadly 7 Inside Me dan avatar komikus Deruu RioTa (Kepala Panda Cina).

“Sebenarnya Deadly 7 Inside Me sudah muncul sebagai komik 4 koma (empat panel/strip) sejak Januari 2014 dalam page (halaman) resmi @desimewebtoon di Facebook, tapi waktu itu tidak begitu laku (terkenal). Akhirnya pada Februari 2016, salah seorang teman mengajak saya bergabung di (LINE) Webtoon Challenge dan saya mulai mencoba untuk menghentikan penceritaan secara 4 koma dengan memulai cerita yang memiliki alur. Sayangnya, sampai episode ke-4, masih juga belum laku dan terpikir ide untuk membuat versi manusia dari para roh atau Gijinka,” tulis Deruu RioTa secara terperinci, ketika dihubungi melalui email oleh Penulis Akiba Nation pada Jumat, 4 November 2016.

Komik Deadly 7 Inside Me bercerita tentang tujuh Dosa melawan tujuh Kebajikan. Seperti namanya, komik ini mengambil ide cerita dari Seven Deadly Sins yang terkenal di negara latin. Meski begitu, komik karya Deruu ini mendapatkan pembaruan yang sesuai dengan harapan banyak pembaca. Seperti Virtues (Kebajikan) yang kalah melawan para Dosa dan dipecah belah ke tujuh tempat di bumi. Selain itu, Deruu juga membuat para penggemarnya merasa gemas dengan tokoh utama cerita yang imut.

Ketujuh tokoh Dosa besar.
Ketujuh tokoh Dosa besar.
picsart_11-05-11-14-10
Sulung Kebajikan (Virtues) melawan Sulung Dosa (Sins).
Ketujuh tokoh Kebajikan besar.
Ketujuh tokoh Kebajikan besar.

Namanya Envy, dia diceritakan sebagai Dosa Iri. Dirinya datang ke bumi untuk mendapatkan lebih banyak kekuatan dari hasil memperalat manusia dan kemudian menguasai semesta. Kalau Minna-san ingin tahu, Envy memiliki sosok lucu di bumi, yakni semacam dinosaurus berwarna hijau dan bocah laki-laki kecil yang kelihatan polos. Envy sebenarnya berwujud naga menyeramkan. Dia yang iri pada kekuatan saudaranya lalu memutuskan untuk turun ke bumi.

Saat ditanya kenapa pilih Envy sebagai tokoh utama, si komikus menjawab dengan bergurau, “Karena itu dosa terbesar saya sendiri.”

Scene lucu Envy dan Steal.

Mengenai inspirasi, Deruu mengaku banyak yang menganggap dirinya terinspirasi dari Nanatsu no Taizai, padahal ia belum pernah menonton atau membaca seri tersebut. Deruu menjelaskan, bahwa inspirasi komik Deadly 7 Inside Me dilatarbelakangi oleh Golongan Darah. Dia bilang jika hiburan yang mengikutsertakan sifat-sifat manusia berdasarkan golongan darahnya menjadi keran inspirasi yang utama. Hal ini juga yang memperkuat sifat para tokoh komik ciptaannya.

Deruu RioTa juga dikenal sebagai Deruu Panda, dia merupakan komikus yang agak misterius. Tidak saja dengan avatar dirinya yang muncul di komik hanya berupa Kepala Panda Cina dengan ekspresi, para pembaca juga tidak tahu apakah Deruu seorang laki-laki atau perempuan. Banyak penggemar yang menanyakan hal ini padanya, namun ia menghindar untuk menjawab secara pasti. Ia seolah tidak mau membeberkan nama aslinya. Penulis komik Deadly 7 Inside Me ini bilang lebih suka dipanggil dengan nama penanya saja.

“Pertanyaan tentang gender saya, sering sekali diajukan, ya? Hahaha…. Saya ini cewek atau cowok? Yak, lanjut pertanyaan berikut!” Tulis Deruu dengan ketika dikonfirmasi perihal jenis kelamin.

Dia pun menjawab dengan berkelakar seperti ini saat ditanyai soal nama aslinya.

“Nama lengkap? Saya memilih hal ini untuk dirahasiakan. Soalnya, saya lebih suka memakai nama pena, sih. Lebih aman! Panggil saja Deruu, oke?”

Terlepas dari sifatnya yang agak misterius, dia terbilang orang yang ramah. Di tengah kesibukan, ia mau meluangkan sedikit waktunya untuk diwawancarai. Meski tidak mau memberitahukan nama aslinya dan jenis kelamin, Deruu membeberkan sedikit hal pribadi. Dia berasal dari Manado, Sulawesi Utara. Sekarang berada di Jakarta. Saat ini sedang menjalani kuliah di Universitas Binus. Selain itu, Deruu juga berujar dirinya tengah magang kerja di re:ON Comics.

“Saya anak daerah yang merantau ke Jakarta. Saya asli Manado, sekarang tinggal di Jakarta Barat. Saya sedang magang di re:ON dan berkuliah di Binus.”

Dewasa ini, komik Deadly 7 Inside Me meraih banyak simpati dari pembaca. Animo yang ditunjukkan oleh penggemar lumayan banyak, terutama kalangan remaja yang sangat menyukai komik bertema fantasi. Namun, di antara fans Deruu RioTa, masih ada pula yang tidak menyukai Deadly 7 Inside Me. Mereka ini bahkan tak segan untuk menyerang sang komikus dengan komentar-komentar negatif. Hal ini diakui Deruu sering kali membuat mood-nya turun.

“Hater pasti ada. Tanpa mereka, sesuatu jadi kurang berbumbu. Menjengkelkan? Tentu saja. Cara paling bagus dalam menangani komentar jelek mereka adalah dengan lanjut ‘scrolling’ membaca komentar lain yang lebih positif.”

Karakter Kindness yang sangat kawaii!

Nah, Akiba-chan dan Akiba-kei sekalian, yang uniknya dari Deruu RioTa adalah dia sangat suka terhadap boneka. Dia menyatakan dirinya sering memeluk boneka ketika sedang berada di kamar kosan. Dia juga melakukan hal ini saat berada dalam kondisi art-block dan malas menggambar. Ada banyak koleksi boneka yang bisa Deruu peluk. Mulai dari Panda Cina favoritnya, Rilakkuma, dan benda-benda empuk lucu lain. Dia berharap bisa dapat gambaran lucu untuk karakter baru setelah memeluk boneka.

“Mengalami Art-block? Pasti pernah, dong. Cara saya mengatasinya itu dengan tidur sambil peluk Panda, Rilakkuma, atau apa pun yang lucu-lucu. Siapa tahu dapat inspirasi bikin karakter lucu lainnya. Hahaha….”

Deruu juga bercita-cita menjadi penulis buku cerita anak.

“Suatu saat nanti saya ingin sekali membuat komik atau buku cerita untuk kanak-kanak.”

Ada tips and trick dari Deruu RioTa, nih, teruntuk sahabat Akiba Nation di rumah!

“1. Buatlah komik yang tokoh-tokohnya punya ciri khas. Misalnya, ada karakter yang kuat banget, tapi ternyata takut kecoak.
2. Selalu taruh pesan, sedikit apa pun itu dalam cerita.
3. Dengarkan saran orang lain, ini yang paling penting. Tapi jangan semuanya diikutin, ambil saran yang membangun dan cuekin ‘saran’ yang berniat menjatuhkan.”

Quotes dari Deruu RioTa:

“Semua orang itu pernah menjadi sampah. Masalahnya, ada sampah yang mau didaur ulang menjadi barang baru yang berguna, dan ada sampah yang tetap mau ‘stay’ sebagai sampah. Jadi, kamu jenis sampah yang mana?”

  • Andre Chandra

    kalau dlhat2 sih authornya kyknya cewek, suka boneka, penggunaan bahasa mirip cewek, art yg imut, tapi itu hanya sekedar dugaan

    • Winata SilenceAngelo

      Iya, mengikut ciri-ciri sih kemungkinan besar cewek. Tapi bisa juga cowok. Memangnya cewek aja yang suka peluk boneka panda. Aku juga suka tau! :v *ditabok pembaca*