Diantara pembaca setia Akiba Nation. Siapa disini yang tahu sebuah film Jepang berjudul Shichinin no Samurai, atau judul internasionalnya, 7 Samurai? Film yang merupakan buah karya sang sutradara Jepang legendaris, Kurosawa Akira. Film tersebut bisa dibilang adalah salah satu film paling terkenal dan dikenang dalam sejarah cinema, baik di Jepang, dan di dunia. Nah baru-baru ini, kenangan akan film itu bangkit kembali, dengan kemunculan 7 Samurai di Brazil dan Hollywood.

7 samurai

Kita mulai dari Hollywood. Disana, dan Amerika secara keseluruhan, banyak sekali veteran yang bekerja di dunia film yang kagum akan 7 Samurai. Sampai-sampai mereka me-remake 7 Samurai, menjadi film aksi cowboy berjudul Magnificent 7. Dengan izin dari Pak Kurosawa sendiri. Bahkan kemudian tahun ini film Magnificent 7 itu di-reboot dengan para aktor modern papan atas macam Denzel Washington, Chris Pratt, Lee Byung Hun, dan lain-lain.

Tapi beberapa waktu lalu, Hollywood membangkitkan kenangan 7 Samurai. Dengan memberikan penghargaan Hollywood Walk of Fame, kepada aktor Jepang legendaris yang berperan dalam film itu. Dia tak lain adalah Mifune Toshiro, pemeran dari karakter Kikuchiyo. Mifune sendiri sebenarnya telah wafat pada tahun 1997 diumurnya yang ke-77 tahun (wah kok pada serba 7 nih ya) karena itu penghargaan ini diberikan dengan cucunya, Mifune Rikiya, yang mewakilinya.

Tapi kita masih belum selesai dengan angka 7, karena tak lama setelah itu, di negara lain di benua Amerika, 7 Samurai juga muncul. Walaupun tidak pasti apakah ini memang direncanakan atau hanya kebetulan. Di kota Rio de Janeiro di Brazil, juga muncul 7 Samurai. Tapi berbeda dengan Hollywood, kali ini mereka muncul dalam arti harfiah. Karena memang benar muncul 7 orang Samurai, yang beraksi di kota itu, dalam iklan dari cup ramen Nissin. Melakukan berbagai aksi sporty yang keren yang memukau para penduduk lokal.

Gileee kapan lagi kita bisa melihat Samurai nge-skateboarding, dan juga surfing, dan juga skiing, dan lain-lainnya lagi. Mantap jiwa dah nih iklan 😀 memang Nissin jago membuat iklan seperti itu. Nissin memang sudah berpengalaman dalam membuat campaign keren yang memanfaatkan kebudayaan tradisional dan modern Jepang. Sebelumnya mereka juga melakukan campaign rasa mie internasional, yang sempat memasukan rasa masakan Indonesia. Dan baru-baru ini mereka juga berkolaborasi dengan seri Girl und Panzer. Dan tahun 2014 lalu mereka membuat iklan yang serupa, tapi hanya dengan satu orang Samurai.

Wah waah keren sekali ya. Betewe tahukah mina-san kalau anime dari film ini juga telah dibuat? Yaa tapi bukan adaptasi juga sih, lebih ke reboot atau remake. Anime tersebut berupa seri sci-fi action berjumlah 13 episode yang dibuat oleh studio Gonzo, dengan judul Samurai 7 (hmm) Duh jadi ingin nonton anime itu lagi nih… brb mau rewatch marathon 😀