Pada awal bulan Oktober 2015 , tepatnya pada tanngal 3 hingga 4 pada hari Sabtu dan minggu , FJU diadakan untuk ke tiga kalinya difakultas satra Jepang Unsoed Purwokerto , dengan tema from Banyumas to nihon story dengan sub tema batik ナイト(naito) festival. ナイトsendiri memiliki 2 arti yaitu night (malam) dan knight (satria).

Ada hal unik juga pada FJU tahun ini yaitu dengan kemunculan dua maskot yaitu Koe dan Rika , sekaligus menjadi tagline yang cukup unik yaitu “ langka koe karo rika ora rame “ . Koe dan Rika sendiri kalau dalam bahasa Jawa bisa berarti Kamu , hmmm cukup unik juga taglinenya .

Ratusan pengunjung terlihat memadati kawasan event , baik yang hanya datang untuk melihat suasana maupun yang akan mengikuti lomba , ada yang datang menggunakan baju biasa dan juga ada juga yang mengenakan costum cosplay .

DSC_0014

Puluhan stand yang berkaitan dengan Jepang baik dari makanan maupun hal – hal yang berhubungan dengan Anime juga dipadati pengunjung .

DSC_0016~1

Event yang terbagi menjadi 2 hari ini , yaitu pada tanggal 3 Oktober 2015 mengadakan lomba akademik yg meliputi kana contest, LCC (lomba cerdas cermat), dan speech contest yang diikuti oleh siswa siswi SMA sederajat. Lomba akademik ini seru banget terutama di speech contest karena salah satu jurinya merupakan native speaker asli dari jepang.

Sedangkan untuk tanggal 4 nya sendiri Tanggal 4nya kita ada lomba band, dance cover, cosplay competition. Selain itu ada lomba Original character dan action figure photo contest juga.

DSC_0012~1

Yang ga kalah seru , selain bisa melihat stand-stand yang berada dihalaman kampus , saat masuk kedalam area kampus , para pengunjung bisa memasuki maid cafe dari Himpunan Mahasiswa Jepang Soedirman (hijasu) , Kemudian ada obake yashiki (rumah hantu) yang serem dan seru. Ada game zone ala ala jepang. Dan Stand yukata dimana pengunjung bisa nyobain pake yukata dan foto foto lucu pake yukata.

Memasuki area panggung Utama , Para pengunjung juga dihibur oleh penampilan-penampilan pengisi acara seperti ada tari tradisional yaitu tari lenggasor dan tari batik yg ditarikan oleh mahasiswi fakultas ilmu budaya yg tergabung dalam UKM GEMA, kemudian ada kenthongan yg di bawakan oleh mahasiswa – mahasiswi fakultas ilmu budaya yg tergabung dalam UKM GEMA juga. Selain itu ada penampilan dari band Death rose yang merupakan pemenang dari band competition FJU 2014, ada pula band JENOVA dan  DJ DIFENT yang sukses banget bikin suasana jadi pecah!!! Oh iya ada pula persembahan special dari panitia untuk pengunjung berupa bon odori dan flash mob koisuru fortune cookie yang bikin pengunjung joget joget bareng panitia.

DSC_0035~1

Nah , ini dia para pemenang dalam berbagai perlombaan di FJU atau yang lebih dikenal dengan istilah , Festival Jepang Unsoed .

Team Akiba Nation juga menjadi salah satu juri dari salah satu perlombaan yang ada di FJU juga loh , yaitu pada event cosplay competition  yang diadakan pada hari kedua .

DSC_0125~1

DSC_0124~1

 

  • Pemenang pemenang lomba itu sendiri dari kana contest ada

Siti aisyah dari SMA 3 Cilacap (juara 1),

Yulianto rio dari SMK panca bakti banjarnegara (juara 2),

Regina mega dari MAN 1 Purwokerto (juara 3).

  • Lomba cerdas cermat

SMK 1 Purwokerto (juara 1),

SMA 2 Purwokerto (juara 2).

  • Speech contest

Marifatul KH dari SMK 1 Purwokerto (juara 1),

Nadia fitria dari MAN 1 purwokerto (juara 2).

  • Pemenang band competition ada NKRI band.
  • Pemenang dance cover

Elite 5 sebagai juara 1 Double deluxe sebagai juara 2.

  • Pemenang cosplay competition

kategori best costume ada Julio Kurnia

DSC_0126

kategori best performance ada Arigi.

DSC_0166~1

  • Kemudian di lomba original character

Dea singgih sebagai juara pertama,

Gangsar setio wibowo sebagai juara kedua,

dan merel hibidata sebagai juara ke 3.

  • Terakhir lomba action figure photo contest ada Erlan rolis sebagai juara.

Gimana ? Seru kan FJU tahun ini , semoga FJU tahun depan Akiba Nation juga bisa menghadiri event FJU lagi . Dan ini dia kesan dan pesan dari Ketua Panitia  “Engga nyangka bisa sampai sebesar ini, serame ini, sekeren ini.  Makasih banyak buat panitia FJU 2015 yang bikin bangga banget. Makasih juga yang sebesar besarnya buat para pengunjung terutama buat komunitas komunitas jejepangan yang udah mau ikut ngeramaiin FJU kemarin. Makasih buat sponsorship dan media partner yang udah ngebantuin acara ini. Pesannya , semoga FJU bisa berlanjut sampai seterusnya dan semoga di tahun tahun berikutnya bisa lebih lebih keren dari tahun ini.

 

photo by Yoga Adi Nugroho