Selamat Tahun Baru 2020 mina-san 😉 ada yang berpesta ria besar-besaran saat akhir 2019 kemarin? Kalau di negara Jepang sih para otaku berkumpul merayakan akhir tahun dalam event Comic Market ke-97. Event tersebut dikabarkan meriah dengan banyaknya pengunjung, fotografer dan cosplayer. Tapi tak semuanya lancar karena sempat ada masalah sekuhara cosplayer juga di Comiket 97.

Event Comic Market 97 berlangsung mirip dengan Comiket 96 yang dilakukan selama periode 4 hari, dari tanggal 28 sampai 31 Desember 2019, dan juga diadakan pada dua lokasi yang berdekatan. Terlihat kalau skala Comiket pada tahun 2019 itu diperbesar.

Dan yang seru adalah keduanya juga mengeset rekor jumlah pengunjung baru yang lebih besar dari sebelumnya. Comiket 96 didatangi total pengunjung sebesar 730.000 orang, dan rekor tersebut dipecahkan oleh Comiket 97 kemarin, yang dikabarkan didatangi oleh pengunjung dengan total berjumlah 750.000 orang!

Banyak hal seru dengan banyaknya pengunjung tersebut, dengan cosplay jadi salah satu daya tarik utama event Comiket. Ada banyak cosplayer dari veteran sampai profesional yang meramaikan suasana. Dan tentu, cosplayer Jepang nomor 1 Enako juga hadir dalam Comiket 97.

Ia melakukan beragam cosplay, contohnya untuk anime Nekopara yang akan tayang sebentar lagi. Tapi yang paling WAW adalah cosplay Sinon dari seri SAO dimana ia bergaya untuk ramai difoto massal oleh para fotografer. Dan jumlah fotografernya di Comiket 97 masih seluarbiasa sebelumnya, dengan sampai 2000an orang fotografer membentuk “Enako ring wall”.

Tapi sayangnya Comiket 97 tak sepenuhnya berjalan mulus, karena ada masalah juga yang terjadi dalam event tersebut, yang diperlihatkan dan diceritakan oleh cosplayer Matsuoka Nana yang juga salah satu korbannya.

Jadi ada tiga cosplayer game KanColle termasuk Matsuoka yang seperti Enako, bergaya untuk difoto di lapangan. Seperti Enako, banyak fotografer yang beramai-ramai mengambil foto tiga cosplayer itu. Akan tetapi masalah muncul saat para fotografer tersebut semakin mendekat, dan mengambil kesempatan berusaha mengambil foto pantsu para cosplayer itu.

Untungnya staff disitu berhasil menyelamatkan ketiga cosplayer itu, tak ada yang sempat menggrepe dan tak ada yang terluka. Tapi itu memang momen yang menakutkan, sampai Matsuoka mengatakan kejadian itu sebagai “sisi gelap Comiket”.