Dari akhir minggu kemarin diadakan event besar fans dunia animanga dan game Jepang, C96 alias Comic Market yang ke-96, yang juga merupakan Comiket pertama era Jepang baru Reiwa. Event tersebut masih saja meriah seperti biasa, akan tetapi panasnya semangat para pengunjung diganggu oleh panas dari sumber lain, matahari musim panas, yang sampai membuat belasan pengunjung kena heatstroke.

Menurut laporan dari Asahi Shinbun dikatakan kalau pada hari ketiga event Comiket 96, yang terjadi pada hari Minggu, ada sampai sebelas orang yang memberikan keluhan akan kesehatan mereka, dan kemudian ditemukan kalau mereka terkena heatstroke. Lumayan wajar karena dikatakan pada hari itu temperaturnya mencapai 35.5 derajat Celcius.

Dikatakan juga kalau Agensi Manajemen Musibah & Api cabang Tokyo sampai melarikan tiga dari sebelas orang tersebut ke rumah sakit. Untungnya kemudian dikabarkan kalau nyawa ketiga orang tersebut tidak dalam bahaya.

Skala masalah tersebut terlihat tak begitu serius, dan itu mungkin karena Comiket telah bersiap akan situasi macam itu. Dari awal telah diumumkan kalau Pocari Sweat melanjutkan kolaborasi mereka dengan animanga Hataraku Saibou dalam event Comiket 96, dengan membuka beberapa booth yang akan memberi bonus stiker Hataraku Saibou untuk pembelian set produk Pocari Sweat.

Masalah heatstroke event Comiket 96 mungkin terlihat agak kecil berkat kerjasama Pocari Sweat dan Hataraku Saibou, karena dikabarkan ditemukan masalah heatstroke yang lebih besar terjadi di Aichi dan daerah Jepang yang lain

Contohnya kabar dari Prefektur Aichi, dengan ditemukan pria muda berumur 28 tahun yang tewas saat tengah berjemur dihalaman depannya. Dan dihari yang sama dengan kejadian itu ditemukan sampai 68 orang di Aichi yang dilarikan ke rumah sakit karena heatstroke.

Agensi Manajemen Musibah & Api Jepang sebelum ini juga telah melaporkan kalau dalam akhir Juli dan awal Agustus ini sudah ada 18.000 orang di Jepang yang perlu pertolongan medis dan 57 diantaranya berakhir fatal karena suhu musim panas ini. Terlihat kalau musim panas di Jepang tahun ini tetap ganas seperti tahun lalu.