Ada yang nggak kenal dengan Eir Aoi? Wah kebangetan nih kalau nggak kenal. Jangan ngaku pecinta anisong kalau ngga tau cewek cakep yang satu ini. Eir Aoi (藍井 エイル Aoi Eiru, kelahiran 30 November 1988) adalah seorang penyanyi Jepang asal Sapporo, Hokkaido dan menandatangani kontrak dengan SME Records. Ia menciptakan situs web sharing video Nico Nico Douga.

Album keempat Aoi “Cobalt Sky” dirilis pada 26 Juni 2013. Singel kelimanya “Sirius” dirilis pada 13 November 2013, dan digunakan sebagai lagu pembuka serial anime 2013 Kill la Kill. Lagunya “Sanbika” juga digunakan pada seluruh serial tersebut. Singel keenam Aoi “Niji no Oto” (虹の音 Suara Pelangi) yang dirilis pada 1 Januari 2014, yang digunakan sebagai lagu pembuka pada acara khusus Sword Art Online: Extra Edition

Semakin melejit dan semakin dipuja banyak fans termasuk di Indonesia, akhirnya merupakan sebuah “hawa segar” saat kabar Eir Aoi bakal tampil di panggung AFAID 2016. Namun, beberapa hari lalu, juga sempat menyeruak kabar sedih bahwa ia gagal menyapa fans Indonesia, bahkan beberapa negara.

aoieir_sp20160609

Pada tanggal 18 Agustus lalu tepatnya, Eir Aoi mengumumkan hiatus melalui website resminya. Karena kondisi kesehatan nya, ia telah memutuskan bahwa semua aktivitasnya dalam waktu dekat akan dibatalkan. Karena hal tersebut juga Eir Aoi membatalkan penampilannya di AFATH 2016 kemarin.

Keputusan untuk hiatus diperpanjang setidaknya sampai awal 2017. Penampilannya di “ANIMAX MUSIX 2017 OSAKA” pada tanggal 14 Januari 2017 juga kabarnya turut dibatalkan.

5eda6f42

“Kami sangat menyesal untuk semua fans yang menantikan kehadiran Eir Aoi, semua staf-acara yang berhubungan, dan semua rekan-rekan artis, tetapi kami berjanji bahwa kami akan melakukan yang terbaik untuk kepulihannya, sehingga dia bisa kembali bersinar diatas panggung” ujar salah staff officialnya.

Tidak ada info terperinci mengenai penyakit apa yang diderita Eir Aoi. Tetapi seperti yang kita tahu ini bukan pertama kalinya kondisi kesehatannya menurun. Hal serupa juga sudah terjadi tahun 2015 lalu. Yah, sebagai fans kita hanya bisa berdoa supaya Eir Aoi segera diberi kesembuhan dan dapat meraktifitas kembali.