Kata hiatus bisa memberikan perasaan yang tak mengenakkan kepada fans. Apalagi kalau hiatusnya karena penyakit yang parah, dan atau tak diketahui kapan hiatusnya selesai. Tapi untungnya fans manga Detective Conan tak perlu terlalu bersedih akan kabar hiatus yang diberikan seri tersebut baru-baru ini. Memang dikatakan kalau manga Conan hiatus 7 Minggu, akan tetapi mereka juga beri kejutan seru loh.

Seri ini juga melakukan hiatus pada bulan Desember 2017 lalu, yang disebabkan karena Aoyama Gosho sang mangaka jatuh sakit. Tapi untungnya ia sembuh, dan manga Conan mulai berlanjut lagi dari bulan April kemarin.

Sekarang baru sekitar tiga bulanan, tapi diumumkan oleh majalah manga mingguan Shonen Sunday isu 32 tahun 2018 yang dirilis minggu ini, kalau manga Detective Conan akan memasuki masa hiatus lagi. Hiatus tersebut akan berlangsung selama 7 minggu mulai dari isu berikutnya.

Itu berarti takkan ada manga Detective Conan pada majalah manga tersebut dari isu 33-39. Manga Conan baru akan lanjut kembali pada isu 40. Tapi mina-san tak perlu khawatir, karena alasan hiatus Conan kali ini adalah karena Aoyama Gosho sensei mau melakukan research.

DAN ada kabar kejutan lain yang dapat memuaskan para fans Conan. Karena dalam masa hiatus selama tujuh minggu tersebut, walau tak ada kisah Conan utama, akan ada penggantinya, dalam bentuk Detective Conan Spin off!

Spin off itu berjudul Meitantei Conan no Zero no Nichijou (Tea Time) dan dengan kata Zero dalam judulnya, fans Conan dapat menebak spin off tersebut akan mengenai apa. Yaitu karakter Conan populer yang jadi bintang movie sukses Zero no Shikkounin, Amuro Tooru.

Manga sampingan itu tidak digambar oleh Aoyama Gosho, melainkan oleh Arai Takahiro. Ia adalah mangaka Cirque du Freak dan Arago. Dan ada yang unik lagi yang dikatakan majalah Shonen Sunday akan hal ini.

Untuk kedepannya, jikalau manga Detective Conan memasuki masa hiatus, maka spin off Zero no Nichijou (Tea Time) yang akan terbit menggantikannya dalam majalah manga itu. Jadi seri Conan terasa tetap berlanjut ya walaupun hiatus. Unik juga sistemnya ini, dan fans juga bisa merasa puas.