Pertama-tama, Anda harus membuat catatan bahwa kehidupan se hari-hari anak sekolah di jepang berbeda dengan yang kita lihat dalam film anime lho.

kehidupan anak sekolah jepang.

Anime tentang sekolah menampilkan acara-acara seperti bersenang-senang di dalam kelas, melakukan tugas sehari-hari dan menghabiskan waktu dengan teman-teman. Sayangnya, kenyataannya sekolah-sekolah di Jepang lebih ketat dan banyak siswa yang tidak punya waktu untuk bermain di dalam kelas lho . Sebagian besar waktu mereka dihabiskan untuk studi akademis, dan mereka memiliki waktu yang terbatas untuk hiburan.

kehidupan.anak.sekolah.jepang

Dalam rangka untuk memahami realitas yang lebih baik, berikut adalah beberapa aturan bahwa siswa harus mengikuti Aturan di sebagian besar sekolah:

 

1.Siswa tidak harus mengendarai mobil ke sekolah

kehidupan anak sekolah jepangg

Keselamatan adalah salah satu faktor yang paling penting. Banyak siswa baik yang berjalan menuju sekolah atau naik sepeda jika jaraknya tidak terlalu jauh. Dalam kasus lain, murid harus mengambil transportasi umum, seperti kereta dan bus. kebijakan sekolah sering mengharuskan siswa untuk berdiri di bis dan kereta api, meninggalkan kursi terbuka untuk wisatawan asing agar wisatawan merasa nyaman berada di jepang wih baik banget yah ?

 

2. Larangan kegiatan tertentu di depan umum

kehidupan anak sekolah jepangj

Membaca buku saat berjalan-jalan, memakan permen karet di sekolah dan membuang nya sembarangan atau lainnya, tindakan itu tidak diperbolehkan oleh sekolah karena ini mungkin membuat reputasi buruk terhadap sekolah. Namun, perilaku ini cenderung kurang cukup, karna siswa yang jauh dari wilayah sekolah dan tidak dalam pantauan guru sekolah tersebut bisa saja melanggar aturan sekolah.

 

3. Seragam Sekolah 

  • Seragam Sekolah Anime 

keseharian anak sekolah jepangm

  • Seragam Asli Sekolah Jepang 

kehidupan anak sekolah jepang..

Ada beberapa variasi lain yang tersedia, tetapi dalam waktu singkat, jenis yang paling umum adalah Blazer dan Sailor.

 

  • Gaya Blazer

Kemeja putih lengan panjang sangat penting untuk anak laki-laki dan perempuan, diikuti oleh blazer hitam. Dasi yang dikenakan di leher yang diterapkan untuk kedua jenis kelamin. Kadang-kadang, anak perempuan diwajibkan mengenakan pita saja.

 

  • Gaya Sailor

Fitur utama untuk anak perempuan adalah kerah seperti pelaut dan pita di dada. Sebaliknya, anak laki-laki mengenakan jaket berkerah tinggi dengan tombol emas, yang disebut Gakurans.

Kebanyakan dari mereka diperbolehkan untuk melepas jaket mereka selama musim panas dan hanya mengenakan kemeja putih lengan pendek, laki-laki memakai kasual t-shirt di bawah kemeja lengan mereka.

 

4. Memakai sepatu indoor

kehidupan anak sekolah jepang.k

Setelah di sekolah, siswa biasanya disediakan loker atau rak sepatu, di mana mereka harus menempatkan sepatu outdoor mereka dan memakai uwabaki (sendal dalam ruangan Jepang) sebelum memasuki kelas. Tujuan utama dari memakai sepatu dalam ruangan adalah untuk menjaga membersihkan dan memelihara lantai agar terlihat bersih dan nyaman ketika belajar.

 

5. Tidak ada makanan ringan dan ramens instan di sekolah

bekal makanan siswa jepang

makanan ringan bergula dan makanan olahan dilarang di sebagian besar sekolah karena mereka menyediakan sedikit atau tidak ada manfaat gizi. Memungkinkan makanan seperti ini dapat berkontribusi pada pengembangan masalah yang banyak pada kesehatan, seperti kerusakan gigi, obesitas, penyakit jantung dan tekanan darah tinggi. Para siswa sering makan siang sekolah atau kotak makan siang yang biasanya dibuat oleh orang tua mereka di pagi hari, yang terdiri dari beras, telur, ikan, buah-buahan dan sayuran, atau semacam nya.

Beda banget ya peraturan nya dengan sekolah di indonesia ya,  apa teman-teman tertarik sekolah di jepang? ?