Jepang terkenal dengan negara yang memiliki angka harapan hidup yang tinggi. Tingkat obesitas di Jepang hanya sekitar 3,5%. Waaw… Kok bisa ya? Apa sih rahasianya? Ternyata rahasia mereka terletak pada berbagai kebiasaan sehat yang diterapkan sehari-hari. Yuk simak apa saja kebiasaan-kebiasaan itu.

1. Banyak Berjalan Kaki

walkingBerjalan kaki adalah salah satu upaya yang sebenarnya dilakukan untuk menekan jumlah kendaraan pribadi di Jepang, sehingga angkutan umum lebih ramai. Tapi di balik itu ternyata kebiasaan berjalan kaki sangat baik bagi kesehatan. Menurut pakar kesehatan, berjalan kaki dapat meningkatkan kemampuan jantung, menjaga kestabilan tekanan darah, dan mencegah osteoporosis.

2. Mengolah Makanan Secara Sederhana

stngh mtng

Orang Jepang terbiasa memproses secara sederhana seperti direbus, dipanggang, digoreng, ditumis sebentar saja. Ternyata kebiasaan ini membuat makanan yang diolah tidak kehilangan gizinya namun radikal bebas telah mati sehingga nilai gizi makanan tetap terjaga.

3. Perbanyak Makan Ikan

sushiHampir di setiap menu makanan Jepang kita akan menemui daging ikan. Fakta bahwa daging ikan lebih sehat daripada daging merah sudah kita kenal sejak dahulu, bahkan kitab agama tertentu memastikan kebenaran hal itu.

4. Makan Tahu

tofu-cubesTahu dalam bahasa Jepang dikenal dengan “Tofu”. Perempuan Jepang sangat sedikit yang menderita penyakit osteoporosis. Hal ini disebabkan karena mereka banyak mengonsumsi tahu. Tahu mengandung isoflavon tinggi yang baik untuk kesehatan hormon wanita dan menghindarkan mereka dari penyakit osteoporosis saat mereka memasuki masa menopause.

5. Gemar Memakan Buah dan Sayur

buah sayurPertanian di Jepang begitu maju disebabkan masyarakatnya gemar mengonsumsi buah dan sayur. Buah dan sayur memiliki kandungan serat yang tinggi yang penting untuk membantu melancarkan pencernaan.

 

Tentu saja masih banyak hal-hal lain yang bisa kita tiru yang membuat orang-orang Jepang menjadi sehat. Semoga informasi bermanfaat, salam bugar jasmani. Selamat beraktivitas 🙂