Kazetachinu- Antara Sukses dan Kontroversi

Siapa yang tak kenal Hayao Miyazaki. Produser yang satu ini sudah banyak menghasilkan anime kondang melalui karirnya di Studio Ghibli seperti Ponyo, Tonari no Totoro, Spirited Away, Princess Mononoke, Kiki’s Delivery Service, Nausicaa dan masih banyak lagi. Diantara deretan judul tersebut yang paling populer sampai saat ini adalah Spirited Away dan Tonari no Totoro. Sepertinya, satu karya lagi akan menambah koleksi judul populer yang dihasilkan kakek hebat berusia 73 tahun ini. Tak hanya terkenal, film olahan tangan Miyazaki-Sensei selalu kental dengan  pesan moral yang tinggi bari para menonton.

Tonari no Totoro mengangkat kisah dua gadis cilik bersama sang ayah yang pindah rumah di suatu pedesaan. Di sanalah mereka akhirnya bertemu dan bersahabat dengan Totoro, makhluk gaib berwujud mirip kucing besar dan dipercaya sebagai sang penjaga hutan. Film ini mengajarkan tentang bagaimana menghormati alam dan roh gaib yang mungkin ada disekitar kita. Sedangkan Spirited Away lebih menekankan pesan moral agar sebagai manusia kita tidak memelihara sifat tamak dan rakus serta mengajarkan kegigihan dalam melakukan sesuatu. Pada setiap seri animasi yang dihasilkan nya, memang, Miyazaki-Sensei tak pernah melepas peran alam dan implikasi dalam kehidupan nyata. Bukannya membuat kesan bosan namun sebaliknya malah membuat karya-karya tersebut selalu menarik untuk dinikmati.

salah satu cuplikan dalam Tonari no Totoro, sudah pernah nonton kan?
salah satu cuplikan dalam Tonari no Totoro, sudah pernah nonton kan?
Spirited Away
Spirited Away
dan cuplikan dalam anime Ponyo si gadis ikan
dan cuplikan dalam anime Ponyo si gadis ikan

Satu judul baru itu adalah Kaze Tachinu atau juga dikenal dengan judul The Wind Rises, merupakan karya paling gress yang sudah dapat ditonton sejak pertengahan tahun 2013 lalu. Film yang bergenre historical fantasy ini sukses menyabet beberapa penghargaan sekaligus. Meskipun sempat dikatakan sebagai film terakhir Miyazaki-Sensei, dan menuai berbagai kritik serta kontroversi, film ini tetap dinantikan banyak fans bahkan kabarnya akan segera resmi dirilis di Amerika pada akhir februari 2014. Ini adalah karya istimewa yang paling bernuansa ‘dewasa’ diantara karya Miyazaki-Sensei lain nya. Kesan berat film ini disebabkan inti cerita nya yang mengangkat kisah nyata tentang biografi Jiro Horikoshi, perancang Mitsubishi A6M Zero yang digunakan angkatan udara Jepang pada masa Perang Dunia II. Sehingga film ini kurang cocok bila disajikan pada anak-anak seperti halnya Ponyo dan Tonari no Totoro. kontroversi yang muncul kebanyakan dilontarkan oleh beberapa pihak yang berkecimpung dalam bidang-bidang politik, lingkungan dan kemanusiaan, termasuk dari negara tetangga Korsel dan China. Mereka beranggapan bahwa tidak sepatutnya seorang perangcang mesin pembunuh menjadi tokoh protagonis dalam sebuah film. Kendati demikian, di jepang sendiri, film ini disebut-sebut sebagai film paling sukses sepanjang tahun 2013. Bagi pecinta anime produksi Ghibli tentu ini sangat sayang untuk dilewatkan bukan?

Kaze Tachinu atau The Wind Rises menceritakan kisah seorang pemuda bernama Jiro Horikoshi yang bermimpi dapat terbang mengarungi awan bersama pesawat ciptaan nya kelak. Setelah dewasa ia akhirnya menuntut ilmu dijurusan teknik mesin di sebuah universitas dan dengan usaha yang sangat gigih ia akhirnya menjalani impian masa kecilnya yang kini menjelma sebagai bagian dari pekerjaan nya. Ia bertemu dengan gadis pujaan hatinya saat menaiki kereta menuju Tokyo. Pada saat itu pula terjadi gempa terparah kanto (1923). Plot ini bisa jadi merupakan salah satu plot paling menegangkan dalam kaze Tachinu. Beberapa tahun kemudian Jiro mengikuti Navy Competition meskipun berakhir dengan sebuah kegagalan. Tak ingin hanya terhenti disitu, ia terus berusaha bangkit dengan dukungan dari sang istri, Naoko. Sehingga akhirnya berhasil menciptakan Mitsubishi A6M, meski pada saat yang hampir bersamaan dengan kesuksesan karirnya ia mendapat cobaan paling berat yang menimpa sang istri.

kazetachinu5

kazetachinu3

kazetachinu2

kazetachinu1