Bulan Juni semakin mendekati akhir, dan anime Summer 2017 semakin dekat. Para fans game Touken Ranbu pasti tak sabar menunggu tayangnya anime Katsugeki buatan ufotable, apalagi yang di Jepang. Sabar dulu ya 😉 baca kabar ini dulu saja ya untuk meringankan hati. Karena ini kabar yang keren untuk para fans Touken Ranbu, dan juga yang fans sejarah Jepang. Setelah sekian lama, akhirnya katana asli Hotarumaru dipelihatkan di Kuil Aso!

katana asli hotarumaru

Ini adalah perjalanan yang lumayan panjang bagi pedang tersebut. Bagi yang belum tahu sejarahnya, pedang katana asli Hotarumaru adalah salah satu harta nasional Jepang yang hilang sejak akhir Perang Dunia II. Hingga kemudian rencana rekonstruksi ulang dari Hotarumaru selesai dilakukan ditahun 2016 lalu.

Rekonstruksi ini juga tak sepenuhnya lancar, apalagi karena Kuil Aso, kuil dimana Hotarumaru original disimpan, di Kyushu, sempat hancur oleh gempa tahun 2016. Tapi meskipun begitu rekonstruksinya tetap lanjut, dan pedang tersebut selesai dibuat pandai besi, Fukudome Fusayuki, dan diupacarakan.

Dan akhir minggu lalu, pedang Hotarumaru tersebut diserahkan dan dipertunjukkan di Kuil Aso. Akhirnya pedang tersebut bisa pulang kembali kerumahnya. Ini adalah momen yang berharga bagi warga Jepang. Sampai-sampai perjalanan pembuatannya juga disiarkan di TV, dan ditayangkan di internet.

Dan yang keren lagi, ini semua juga berkat Touken Ranbu loh! Game tersebut membuat generasi masa kini jadi tahu mengenai pedang tersebut. Apalagi desain Hotarumaru yang moe moe bisa menarik hati para fans, membuat karakter tersebut lumayan populer. Dan berkat para fans itulah projek rekonstruksinya bisa terjadi.

Projek ini dimulai ditahun 2015 dengan penggalangan dana melalui crowdfunding yang meminta 5.5 juta Yen. Berkat bantuan fans Touken Ranbu, dana yang terkumpul malah jadi 45 juta Yen!! Lebih dari 8 kali lipat dari dana yang diminta!

Berkat dana tersebut, tak hanya rekonstruksi Hotarumaru bisa berjalan, tapi perbaikan Kuil Aso yang hancur karena gempa juga bisa dilakukan! Bagi fans yang masih ingin membantu, sekarang perusahaan Nitroplus juga menyediakan charity item yang dijual di Kuil Aso, untuk lebih membantu perbaikan Kuil tersebut.

https://twitter.com/nitroplus_staff/status/875548748717228032