Salah satu penerbit light novel di Indonesia yang bernama Katalisku kali ini terbitkan sebuah light novel yang di adaptasi dari salah satu dari Makoto Shinkai yaitu “Hoshi no Koe (Voices of a Distant Star)“. light novel ini di adaptasi dari film yang berjudul sama, Hoshi no Koe bercerita tentang Noboru dan Mikako yang merupakan sahabat sekelas yang cukup dekat. Sampai pada musim panas tahun ketiga sekolah mereka, Mikako dipilih menjadi anggota Pasukan PPB. Membuat keduanya terpisahkan antara bumi dan luar angkasa. Meski begitu, mereka tetap berhubungan melalui pesan, tapi semakin jauh pesawat luar angkasa yang ditumpangi Mikako dari bumi, perbedaan waktu keduanya menjadi sangat besar. Yah, inti dari cerita karya ini yaitu “LDR-an yang terpisahkan oleh bumi dan langit”, hubungan LDR yang mempunyai tingkatan paling ekstrem yang pernah ada :’D

Alur cerita dari adaptasi light novel ini ditangani oleh Waku Ooba dan diilustrasikan oleh Makoto Shinkai & Kou Yaginuma. light novel ini diterbitkan oleh Media Factory di bawah label MF Bunko J pada tanggal 25 Juli tahun 2002. Buat kalian yang menginginkan adaptasi light novel ini masuk ke dalam daftar koleksi, kalian bisa memesannya langsung di portal Katalisku.

Hoshi no Koe

Hoshi no Koe ( ほ し の こ え “Voices of a Distant Star”, “Suara dari bintang yang jauh”) ini adalah sebuah Original Video Animation (OVA) Jepanh. OVA ini ditayangkan perdana di Jepang pada bulan Februari tahun 2002 dalam acara advanced screening. Lalu diikuti oleh perilisan dua DVD pada tanggal 19 April dan 6 Oktober tahun 2002. ADV Films melisensi OVA ini untuk dirilis di Amerika Utara dan Inggris, Madman Entertainment melisensi untuk Australasia dan Anime Limited melisensi untuk Inggris.

OVA Hoshi no Koe ini ditulis, disutradarai dan diproduksi oleh Makoto Shinkai menggunakan perangkat Power Mac G4 dan menggunakan software LightWave, Adobe Photoshop 5.0, Adobe After Effects 4.1 dan Commotion 3.1 DV. Sekitar bulan Juni tahun 2000, Shinkai menggambar gambar pertama, seorang gadis yang sedang memegang telepon seluler di kokpit untuk OVA ini. Shinkai mengatakan bahwa OVA ini terinspirasi dari Dracula and Laputa. Dia menyatakan bahwa produksi OVA ini menghabiskan waktu tujuh bulan untuk menyelesaikannya. Dia juga mengatakan inspirasi lain untuk OVA ini yaitu sering mengirim pesan teks kepada istrinya saat dia bekerja.