Miyazaki Hayao adalah salah satu nama yang paling dikenal dalam dunia anime saat ini. Tak hanya dengan karya-karyanya yang dibuat oleh studio Ghibli, tapi juga sedikit dibercandai dengan bagaimana suka ada pengumuman kalau ia akan pensiun, tapi kemudian tak jadi dan kerja lagi membuat anime. Baru-baru ini produser Ghibli Suzuki Toshio juga membicarakannya, dan menurutnya rasanya tak mungkin bisa Miyazaki pensiun.

Hal itu dikatakannya dalam majalah sastra Bungei Shunjuu kemarin-kemarin. Isu bulan April majalah tersebut memiliki essay yang ditulis oleh sang produser, dengan topiknya membicarakan mengenai sang sutradara Miyazaki Hayao, dan juga projek anime barunya.

Anime baru Miyazaki tersebut berjudul Kimitachi wa Dou Ikiruka, yang judulnya diambil dari karya tahun 1938 penulis Yoshino Genzaburou. Film tersebut telah dibuat oleh Miyazaki sejak 2016, karena ia masih tak puas membuat anime CG pendek Kemushi no Boro.

Saat ini tak diketahui kapan perilisan film itu, karena dalam essay tersebut Suzuki mengatakan pembuatan anime tersebut tidak memiliki set deadline. Hal tersebut dikatakan merupakan eksperimen dalam mencoba sistem baru.

Normalnya projek studio Ghibli memiliki set jadwal produksi, dan Miyazaki memang telah memberikan proposal untuk jadwal film tersebut, tapi Suzuki mengindikasikan kalau studio Ghibli tidak lagi mengikuti rencana tersebut.

Suzuki kemudian berbicara mengenai bagaimana banyak yang mengatakan kalau ini akan jadi projek film Miyazaki yang terakhir. Suzuki sendiri tidak mempercayai hal tersebut. Mengatakan kalau selama ia masih hidup, Miyazaki mungkin akan terus berusaha membuat film.

Karena itu ia sendiri juga berkata kepada Miyazaki “tolong jangan buat pengumuman pensiun lagi”. Suzuki juga percaya kalau Miyazaki takkan bisa benar-benar pensiun karena tak melakukan sesuatu seperti orang pensiunan tidak mengenakkan baginya, dan Miyazaki benar-benar terasa nyaman saat bekerja memproduksi film.

Yaa memang sih Miyazaki terlihat tipe yang agak workaholic yang tak nyaman jika tak bekerja, dengan tak ada deadline jadi Miyazaki bisa bekerja sesuai keinginannya dan bisa punya waktu meningkatkan kualitasnya. Asal jangan terlalu diforsir juga pak, semangat! 😉