Rasanya pergantian tahun 2018-2019 ini dikelilingi kabar animangame yang berhubungan dengan tamat. Contohnya Isayama Hajime yang mengatakan Shingeki no Kyojin mencapai klimaks, dan Nasu Kinoko juga mendiskusikan tamatnya kisah game FGO. Kali ini ada lagi yang membicarakan soal tamatnya sebuah seri, dan ini nama yang besar, karena ini adalah One Piece, yang menurut Oda Eiichiro sensei sang mangaka, sudah mendekati akhir.

Perkataannya itu diberikannya dalam acara TV Jepang Honma Dekka. Acara yang dibawakan oleh komedian Jepang Akashiya Sanma, dimana dalam episode baru yang tayang kemarin-kemarin, ia mengunjungi rumah Oda Eiichiro. Seperti sebelumnya, rumahnya itu masih saja apik dan kece.

Sanma dan pengunjung lain berkeliling dan melihat-lihat rumah itu dan berinteraksi dengan beberapa keunikannya. Momen keren lagi adalah dalam tayangan itu, mantan member SMAP dan bintang terkenal Kimura Takuya memakai alat BBQ Oda untuk memasak makanan sambil cosplay salah satu desain kostum koki Sanji.

Tapi kembali ke topik utama. Selain melihat-lihat, Sanma sang pembawa acara juga mendiskusikan One Piece bersama Oda sensei, yang terlihat mensensor wajahnya dengan wajah Luffy. Dan salah satu yang dibicarakan oleh mereka, adalah mengenai akhir dari One Piece. Yang dikatakan Oda sensei sudah “mendekati”.

Dikatakan manga One Piece akan sepanjang “sedikit diatas 100 volume” dan ia telah membayangkan ending One Piece sejak masa kuliahnya. Sanma bertanya bagaimana bila ada fans yang bisa dengan tepat menebak bagaimana akhir ceritanya. Jika itu terjadi, kata Oda ia akan mengubah akhirnya.

Dan mereka juga membicarakan bentuk dari harta One Piece itu sendiri. Sanma bertanya apakah One Piece itu merupakan “hubungan kekeluargaan” dan Oda mengatakan bukan itu. Oda kemudian mengatakan kalau hartanya begitu jadi seperti kisah Wizard of Oz yang ditontonnya saat kecil.

Oda mengatakan ia tidak suka petualangan cari harta karun yang diakhirnya dikatakan petualangannya itu sendirilah harta karunnya. Itu tidak memuaskan. Bagi Oda cerita seperti itu tidak mungkin, rasanya “Aku sudah berpetualang begitu keras, berikanlah harta karunnya!”

Waaah kalau begitu bagaimana ya bentuk One Piece? Yang jelas sih walau Oda mengatakan endingnya sudah dekat, mengingat saat ini One Piece baru merilis Volume 91, sepertinya tetap akan makan waktu lama.

Belum menghitung bagaimana Oda suka “telat” dalam perencanaan. Seperti pembakaran Going Merry yang telat 3 tahun dari perkataan, dan rencana akhir One Piece saja yang awalnya direncanakan tamat 5 tahun tapi sampai 20 tahun ini masih berjalan 😀

Comments