Awal tahun 2020 ini ada berbagai hal yang tak menyenangkan terjadi dari seluruh dunia, dan yang lagi panas dibicarakan saat ini adalah melandanya virus Korona jenis baru di China, dan terlihat semakin menyebar ke negara-negara lain. Sebagai negara tetangga, Jepang juga kena pengaruh akan virus ini, malah juga pada dunia game. Dengan kabar kalau kata Nintendo Coronavirus ini akan mempengaruhi produksi konsol Nintendo Switch!

Wabah virus korona yang sedang terjadi saat ini disebabkan oleh virus korona jenis baru yang diberi kode 2019-nCoV yang berawal dari negara China dan dikatakan pertama muncul pada bulan Desember 2019 di Kota Wuhan.

Virus tersebut kemudian mulai diketahui oleh dunia pada bulan Januari 2020, dengan sampai Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan virus tersebut akan menyebar luas ke seluruh dunia, apalagi dengan puncak arus mudik perayaan Tahun Baru Imlek, dan kini juga mendeklarasikan virus itu sebagai KKMMD atau Kedaruratan Kesehatan Masyarakat yang Meresahkan Dunia.

Dan memang dunia juga sepantasnya resah, karena hal ini bisa mempengaruhi berbagai negara dan perekonomiannya. Negara Jepang sebagai tetangga China juga dikabarkan menemukan ada sekitar 20 orang yang terjangkit, tapi untungnya masih tak ada korban jiwa.

Industri gaming juga kena pengaruhnya, seperti dengan diundurnya event Taipei Game Show 2020 jadi musim panas. Dan gabungan pengaruh pada dunia gaming dan negara Jepang, adalah pengumuman yang baru belum lama ini diberikan oleh perusahaan Nintendo.

Baru-baru ini presiden perusahaan Nintendo, Furukawa Shuntaro, memberikan komentar mengenai status KKMMD dari WHO yang disebabkan wabah virus korona ini kepada Kyoto Shinbun, mengatakan kalau hal ini sudah mulai membawa pengaruh pada produksi konsol Nintendo Switch, karena memang pabriknya terletak di negara China.

Furukawa mengatakan kalau memang mereka mulai pindah memproduksi dari negara Vietnam sejak musim panas 2019, tapi produksi utamanya masih di China. Ia juga mengatakan masalah yang berkelanjutan akan mempengaruhi rencana pengiriman produknya. Wabah virus korona sih terlihat masih tak besar di Vietnam, semoga masalah ini cepat lewat.