Dalam sebuah cerita, pasti ada awal dan akhir, dan itu juga berlaku dalam dunia animanga. Kita sudah melihat berbagai seri yang diakhiri oleh authornya, bahkan sesukses apapun seri itu ada saatnya sang author memutuskan untuk menamatkannya. Dan sepertinya hal tersebut juga akan terjadi, dalam mobage terkenal Fate/Grand Order, karena sang penulis Nasu Kinoko mengatakan cerita FGO tamat setelah kisah Arc 2.

Hal tersebut dijelaskannya dalam wawancara yang dilakukannya baru-baru ini bersama Mafia Kajita dari 4Gamer. Wawancara tersebut juga memberikan penjelasan dalam berbagai seluk beluk balik layar pengembangan game Fate/Grand Order.

Diantaranya adalah proses penulisannya. Nasu mengatakan sebagai supervisor ia yang menulis intro dan outro setiap chapter utama, bagian utama scenarionya, dan mengawasi teks penulis lain. Dikatakan dari segi penulisan ia 20% terlibat dalam event dan 30% terlibat dalam main story.

Nasu mengatakan proses pembuatan karakter Servant baru masing-masing memakan waktu setengah tahunan. Pertama penulis karakter memakan waktu 1-2 minggu menuliskan setting karakter itu, kemudian ilustrator memakan waktu 1-2 bulan mendesain tampilannya, dan DelightWorks menganimasikan dan merekam audionya selama 4-5 bulan.

Lalu mengenai ceritanya, ia membicarakan akan akhir dari kisah Fate/Grand Order. Nasu mengatakan kalau plot FGO diset untuk selesai setelah Arc ke-2, Cosmos in the Lost Belt. Karena itu ia ingin melakukan segalanya yang ingin dilakukannya sampai akhir. Ia mengatakan gimmick dan plot untuk chapter final Cosmos in the Lost Belt telah disetujui dan diberikan pada Aniplex.

Tapi ada yang ditakuti oleh Nasu, dan itu adalah fans yang ingin kelanjutan dari kisah FGO, karena menurutnya akan sangat sulit menulis kelanjutan kisah FGO setelah akhir, walau bukan tak mungkin. Nasu bercanda mengatakan ia bisa coba melakukannya seperti Undertale dimana setelah memberi best ending ia membuat player menjalani worst endingnya.

Wah kalau konten ceritanya selesai kira-kira bagaimana ya kelanjutannya. Mengingat FGO adalah salah satu mobage tersukses saat ini dan membawakan banyak uang, akan sulit benar-benar mengakhirinya. Walau Grand Order sendiri sekarang telah hadir dalam bentuk board game analog dan juga dalam bentuk arcade, mobage FGO adalah titik awalnya dan yang paling banyak dimainkan.