Dalam cerita anime Shingeki no Kyojin atau yang lebih dikenal dengan judul Attack on Titan, belum terkuak sejarah terciptanya Titan. Sampai saat ini, tidak ada yang tahu asal muasal makhluk aneh itu. Para penduduk kerajaan seakan hilang ingatan dan dipaksa tutup mulut oleh pemerintah. Identitas Titan terselubung kabut. Masih menjadi misteri dari mana mereka datang dan kenapa mereka hanya tertarik pada manusia. Semuanya belum terungkap dengan jelas. Meski begitu, diketahui ada orang yang dapat berubah menjadi Titan.

Konon, kemampuan berubah menjadi Titan diwariskan dari generasi ke generasi. Lebih tepatnya, dari individu ke individu lain yang dikehendaki pewaris. Bisa dibilang secara perorangan. Setelah mewariskan kemampuan luar biasa ini, pewaris akan meninggal dunia dan orang yang diwarisi dapat menjelma sebagai Titan. Eren Jaeger yang merupakan tokoh utama dalam anime ini juga merupakan salah satu manusia setengah Titan. Nah, selain Eren, ada beberapa tokoh lain yang sama dengannya. Siapa saja? Berdasarkan informasi dari kelanjutan versi manga-nya, inilah dia karakter yang bisa berubah menjadi Titan! 😀

Oh iya, artikel kali ini bakal memuat konten spoiler karena belum diungkap dalam versi anime-nya. Terutama tentang para tokoh yang dapat berubah menjadi Titan. Bagi pembaca yang sudah siap mental (?), dipersilakan lanjut membaca.

Eren Jaeger – Rogue Titan

Tentu saja, bagi yang sudah tamat nonton AOT musim pertama, pasti sudah tahu bahwa Eren adalah manusia setengah Titan. Ia berubah menjadi raksasa saat berada dalam perut Titan berjenggot. Ketika itu, Eren menyelamatkan Armin yang hendak dimakan. Jadilah Eren yang dilahap. Dalam kubangan darah dan mayat-mayat manusia, Eren tiba-tiba menjelma sebagai Rogue Titan. Kemudian ia menembus keluar dari dalam tubuh Titan yang memakannya. Rogue Titan adalah jenis raksasa yang memiliki tinggi 15 meter, mempunyai tubuh yang sangat atletis, telinga panjang meruncing seperti kurcaci, dan sering mengamuk.

Jenis Titan yang dikuasai oleh Eren digadang sebagai Titan yang memiliki ketahanan fisik terkuat. Rogue Titan bisa dengan mudah menghancurkan Titan lain. Dalam salah satu episode bahkan ditampilkan Rogue Titan berhasil membasmi semua Titan yang mengepung gedung persediaan gas untuk alat manuver. Setelah berlatih dengan tubuh Titan-nya, Eren berhasil mendapat kemampuan baru yang disebut koordinasi. Kemampuan khusus inilah yang membuatnya dapat mengendalikan Titan lain. Jika sedang sangat marah, dirinya dapat memerintahkan para Titan yang ada untuk menyerang target.

Bertolt Hoover – Colossal Titan

Jika Minasan sangat benci terhadap Colossal Titan yang membuat Dinding Maria berlubang dan mengakibatkan tewasnya Carla, ibu dari Eren, maka satu-satunya orang yang pantas disalahkan adalah Bertolt. Dialah Colossal Titan itu! Mengejutkan, bukan? Bertolt menjelma sebagai Colossal Titan pada episode pertama. Ulahnya menyebabkan Titan lain masuk ke dalam wilayah kerajaan serta memakan para penduduk. Lima tahun berlalu, Colossal Titan muncul kembali dan menjebol Dinding Rose. Di sini, Eren bersama kawan-kawannya sedang membersihkan meriam di atas tembok besar tersebut.

Jika Akiba-chan dan Akiba-kei memerhatikan episode pertengahan Attack on Titan musim ke-1 ini, ketika Colossal Titan muncul untuk yang kedua kalinya, maka akan ada tiga keanehan. Pertama, dimana ia sengaja merusak sebagian besar meriam di atas tembok Rose. Kedua, mengeluarkan asap bersuhu panas tepat saat Eren sebentar lagi akan menebas punggung lehernya. Dan ketiga, lubang yang dibuat paling bawah, bukan tengah-tengah, tidak lain agar semua jenis Titan bisa masuk dengan mudah. Colossal Titan dirasa berbeda ketimbang Titan pada umumnya karena ia memiliki akal.

Baca Juga: Dinding di Anime Attack on Titan Dibuat Manusia? Ternyata Ini Fakta...

Selain itu, sebelum kemunculan Colossal Titan, sebuah cahaya seperti petir terlihat dan suara dentuman besar terdengar. Ini sangat aneh menurut Penulis, karena biasanya efek seperti itu menandai perubahan wujud dari seseorang. Dan benar saja, ternyata Bertolt dalang di balik semua kekacauan ini. Oh iya, Colossal Titan adalah jenis yang paling besar. Tingginya mencapai 60 meter. Oleh karenanya, Colossal Titan tidak bisa bergerak dengan cepat.

Annie Leonhardt – Female Titan

berubah menjadi Titan

Tak disangka, gadis yang memiliki sifat cuek dan dingin ini adalah seorang manusia setengah Titan. Female Titan merupakan jenis yang dapat dikendalikan olehnya. Dengan tinggi mencapai 14 meter, Annie bisa menghancurkan rumah-rumah penduduk. Ciri yang menempel pada jenis Titan satu ini adalah tubuh berbentuk wanita tanpa dibungkus kulit. Meski begitu, Female Titan memiliki kecepatan, kecerdasan, dan kemampuan bela diri penggunanya. Female Titan juga memiliki kemampuan unik, yakni dapat mengeraskan bagian dari tubuhnya sekeras baja. Hal ini akan meningkatkan serangan dari Female Titan dan menjadi lebih sulit untuk dikalahkan.

Identitas Annie sebagai Female Titan pada akhirnya berhasil diketahui oleh pasukan militer. Mereka berusaha menjebak Annie dan menangkapnya sebelum menjelma sebagai Titan. Namun sayangnya, rencana itu gagal. Annie berhasil berubah menjadi Female Titan di wilayah penduduk sampai akhirnya berhadapan dengan Eren sebagai Rogue Titan. Ketika akan ditangkap, Annie sengaja membungkus tubuhnya dengan kristal keras. Sehingga walaupun tertangkap, tidak akan ada yang dapat menghukum atau memaksanya membeberkan informasi tentang Titan.

Reiner Braun – Armored Titan

Setelah terungkapnya Annie sebagai Female Titan yang menyusup dalam barak pasukan militer, orang-orang mulai curiga jika ada manusia setengah Titan lain yang berniat menghancurkan kerajaan dari dalam. Tentunya selain Eren, karena ia memiliki ambisi untuk melindungi umat manusia dan menumpas seluruh Titan di muka bumi. Dan kecurigaan itu terbukti benar, Reiner merupakan salah satunya. Hal yang menjadi lucu adalah bahwa terungkapnya jati diri Reiner disebabkan ia mengakuinya sendiri pada Eren dan mengajak Eren untuk pulang ke tempat yang dinamainya “Kampung Halaman”. Mungkin semacam tempat berkumpulnya keluarga (?) Titan.

Penulis sebelumnya menaruh kecurigaan semenjak di episode 8, ketika Rogue Titan sedang dimakan oleh dua Titan lain dan Mikasa berpikir untuk menyelamatkan Titan tersebut, karena bisa saja mendapatkan informasi penting darinya. Reiner tiba-tiba muncul bersama Annie dan ‘geng’-nya, ia menyetujui pendapat Mikasa karena menurutnya Titan tersebut jenis yang aneh serta tidak tertarik menyerang manusia. Annie juga ikut-ikutan menyetujui, ia bilang kemungkinan besar Titan itu bisa menjadi rekan manusia. Akan tetapi, Annie menampilkan ekspresi yang justru menyiratkan kurang setuju (memandang ke arah lain, gagap atau kalimatnya terpotong, berkeringat dingin di wajah).

Jika diamati, ucapan Reiner dan Annie tersebut seolah-olah ingin menutupi fakta bahwa mereka juga adalah Titan. Pendapat mereka diusahakan terdengar se-‘manusiawi’ mungkin dan dibuat-buat agar orang lain mengira bahwa mereka berada di pihak manusia. Padahal sebenarnya tidak sama sekali. Oh iya, Reiner adalah jenis Armored Titan yang mempunyai tinggi 15 meter serta tubuhnya sekeras baja. Kelemahannya ada pada sendi dan tengkuk leher.

Itulah tokoh-tokoh dalam anime Shingeki no Kyojin yang dapat berubah menjadi Titan. Masih ada empat yang lainnya, harap menunggu ya. 😉

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here