Shinkai Makoto memang telah menjadi nama yang besar dalam dunia anime di Jepang, dan juga dunia animasi secara internasional, berkat anime Kimi no Na wa alias Your Name buatannya. Ketenaran film anime buatannya itu begitu besar sampai bahkan mau diadaptasi jadi film live-action Hollywood. Kali ini ada kabar serupa pada karya lainnya, dengan akan dibuatnya stage play Kotonoha Shinkai di London, Inggris.

Kotonoha no Niwa atau Garden of Words adalah anime karya Shinkai Makoto yang dirilis tahun 2013. Anime tersebut juga diadaptasi menjadi manga dengan ilustrasi yang digambarkan oleh Motohashi Midori dan juga diadaptasi jadi novel oleh Shinkai sendiri.

Anime tersebut memiliki cerita yang terinspirasi dari puisi Man’youshu, mengisahkan hubungan yang bertumbuh antara seorang murid laki-laki bernama Takao yang diperankan Irino Miyu dan guru perempuannya yang bernama Yukino yang diperankan Hanazawa Kana, yang dimulai sejak mereka bertemu dan berteduh di sebuah taman dihari hujan.

Seperti anime Shinkai lainnya, Kotonoha no Niwa menceritakan kisah cinta remaja yang ditampilkan dengan visualisasi dan juga kualitas animasi yang begitu indah menggerakkan kokoro yang banyak dipuji oleh penonton dalam dan luar Jepang. Dan anime tersebut telah mendapatkan berbagai penghargaan, bahkan dari luar negara Jepang.

Dan baru-baru ini diumumkan kalau anime tersebut akan diadaptasi menjadi stage play yang diproduksi oleh Whole Hog Theatre Company, dan disutradai oleh Alexandra Rutter. Penampilanya akan dilakukan dalam bahasa Inggris tapi juga dibumbui sedikit bahasa Jepang, dan akan menampilkan seni boneka dan juga gerakan projeksi.

Stage play tersebut akan ditampilkan di Theatre Park di Taman Finsbury di London dari tanggal 15 Juli sampai 15 Agustus 2020 nanti. Tapi tak hanya disitu, karena stage play itu juga dikatakan akan ditampilkan di Tokyo dengan Nelke Planning ikut berpartisipasi dalam produksinya.

Whole Hog Theatre Company memang sudah memiliki pengalaman dalam memproduksi stage play karya Jepang, dengan sebelum ini mereka juga bekerja sama dengan studio Ghibli untuk membuat stage play dari anime Princess Mononoke Ghibli tahun 2013 lalu.