Seiyuu Award, ajang penghargaan untuk seiyuu kembali digelar secara rutin pada bulan Maret di setiap tahunnya. Tahun 2016 ini sedikit istimewa, pasalnya penghargaan paling dinanti oleh para aktor-aktor bersinar pengisi suara di berbagai animasi tersebut tahun ini memasuki umur ke sepuluh. Dan yes, banyak seiyuu kesukaan admin yang masuk sebagai kategori juara. Hyahahaha.

Seperti yang sudah kita semua tahu, karena tahun lalu admin juga membahas nya untuk pertama kali di Akiba Nation, penghargaan ini memiliki beberapa kategori bergengsi yang diperebutkan. Para seiyuu pastinya sudah berusaha semaksimal mungkin tampil prima dalam setiap project yang mereka tangani di tahun dau ribu lima belas silam. Dan tentu saja, klasik banget, ada beberapa nama seiyuu yang sudah biasa menjadi langganan pemenang. Kira-kira siapa yang tahun ini muncul?

Yak!

Jelas!

Sudah terpampang di judul atas sana. KAMIYA HIROSHI kembali menyabet BEST POPULAR SEIYUU. Secara keseluruhan, dia memang dicintai banyak orang. Dengan begitu lengkap sudah piala yang dibawanya pulang. Ini merupakan piala ke lima, dia memang populer sampe bisa menjadi raja kategori ini selama lima tahun berturut-turut. Nggak heran memang, kiprahnya dalam dunia seiyuu melejit bagaikan burung terbang ke awan. Setiap anime yang dibawakan selalu berakhir populer. Terkahir Kamiya sukses memerankan Choromatsu dari anime kocak Osomatsu-san dan Yato dari Noragami Aragoto.

Kamiya

Pemenang kategori Best Lead Actor/Actress tahun ini tak disangka-sangka sekali. Ada YOSHITSUGU MATSUOKA (Male Seiyuu) dan INORI MINASE (Female Seiyuu) yang nangring membobol kaegori ini. Mereka berhasil menggeser raja dan ratu tahun lalu yang disandang oleh Ono Daisuke dan Sayaka Kanda. Padahal kalau jeli, dua kandidat ini bisa dibilang anak baru lho. Matsuoka sih, iya iya aja, meskipun kelihatan lugu project anime yang ditangani tahun lalu membludak sampai winter 2016 nanti. Sedangkan Minase dengan umur yang masih teramat muda sering tampil cute dan cocok dengan semua karakter yang di bawakan. Saluuut~

lead

 

Kategori Best Supporter Actor/Actress rupanyan juga di isi oleh nama – nama lama. Diantaranya ada SUZUMURA KENICHI dan HOSOYA YOSHIMASA. Oh maigaaaaad dua om ganteng mempesona ini ternyata menang dalam kategori yang lumayan mentereng. Suzuken sempat membintangi beberapa anime yang nggak asing semacam Gintama sebagai Okita atau mungkin sosoknya sebagai Murasakibara dalam Kuroko terlalu bersinar di mata para penggemar. Sedangkan Hosoya, jangan tanya lagi, ajib dah kemarin juga tampil memukau sebagai Kaito dalam serial Ajin. Untuk kubu cewek ada SHIZUKA ITOU dan SAORI HAYAMI. Itou akhir-akhir ini mencuat muncul atas perannya sebagai Irina Jelavic dalam Ansatsu Kyoushitsu, juga pernah sukses memerankan Lily di One Piece. Hayami sendiri sering berpartisipasi dalam anime anime besar semacam Naruto Shippuden, Anohana dan Bakuman. Jadi kayaknya nggak heran kalau empat makhluk ini berhasil menyabet gelar juara 😀

supprot

Ada nama lama, pasti ada juga nama-nama baru kan, huhehehe. Untuk Kategori Best New Actor/Actress – ajang prestasi bagi para seiyuu pendatang baru cowok jatuh pada YUICHIRO UMEHARA (Binan Koukou – En Yufuin), SHUNSUKE TAKEUCHI (Diamond no Ace – Yuki Masashi), dan mas mungil yang selalu kelihatan seperti remaja es-em-pe: AYUMU MURASE (D Gray Man – Allen Walker, Haikyuu!! – Hinata Shoyo). Seiyuu cewek pendatang baru juga nggak kalah keren lho, SUMIRE UESAKA (Chunibyou – Sanae, Idolm@ster – Anastasia), RIE TAKAHASHI (Aikatsu! – Nagisa, Ranpo Kitan – Kobayashi) dan AIMI TANAKA (Himouto – Umaru).

1se

2se

Oke, yang pokok-pokok sudah kesebut semua, sekarang saatnya menengok ke arah seiyuu yang berhasil memenangkan penghargaan dalam kategori tambahan. Yang pertama untuk Best Personality Seiyuu tahun ini jatuh kepadaaaaaa SUZUMURA KENICHI! Horray om dapet dua piala sekaligus eh. Emang lagi rame job ya om, jadi nya sering muncul dimana-mana termasuk siaran radio dan tv show. Lalu untuk Best Sing Performer – award untuk seiyuu yang nyanyi baik untuk theme song atau emang tuntutan animenya jatuh kepada para seiyuu dalam team i☆Ris. Selain itu ada juga sih penghargaan dengan kategori agak nyeleneh dan jarang di dengar. admin sudah merangkum nya seperli list di bawah ini:

Kategori Special
Kategori untuk mendedikasikan penampilan team secar keseluruhan jatuh kepada Risa Sakurana, Kei Tomoe, Yuki Hirose, Saori Ogino, Aoi Mizuki, Yui Fukuo.

Kategori Kei Tomiyama Award
Om cakep yang muncul sebagai Shikamaru Nara dalam anime Naturo Series: SHOWTARO MORIKUBO patut membawa pulang gelar ini.

Kategori Kazue Takahashi Award
KIKOKU INOUE

Kategori Merit Awards
SACHIKO CHIJIMATSU, NAKAMURA TADASHI, NOMURA MICHIKO.

Woh ya, sepertinya tahun ini menjadi tahun dengan kategori terlengkap. Bahkan kategori yang sebelumnya cuma di lirik sekilas sekarang beneran di wujudkan. Di tambah lagi, nama-nama yang tercantum juga semakin beragam dari yang sangat muda sampai berumur mendekati lansia. Yep, Seiyuu Awarld 2016 memang ajang penghargaan yang paling dinantikan. Suatu kebanggan tersendiri bagi para seiyuu yang bisa “enter” nama dalam hal ini. Btw, sebenernya ada beberapa kategori yang belum tercantum karena masih dalam tahap konfirmasi. Tapi ini doang udah cukup sih, admin udah cukup puas bang Kamiya menang lagi. Hahaha. Harapannya semoga tahun depan lebih banyak seiyuu kesukaan admin yang menyabet gelar di tiap nominasi. 😀

Jadi adakah seiyuu favorit kalian yang masuk sebagai juara dalam Seiyuu Award 2016 ini? seiyuu kesukaan admin masuk semua lho hahaha. Tinggal Sakurai aja sih yang nggak nampak batang hidungnya #agaksedih. Kalau seiyuu kalian belom nongol jangan sedih banget juga hahaha kita bantu doa saja supaya taon depan mereka bisa ikutan eksis dalam ajang bergengsi ini.