Content provided by Keepo. Smartphone sekarang ini bukan lagi hanya sebagai alat komunikasi antar manusia, namun lebih mengarah kepada fungsionalitasnya sehingga banyak sekali fitur yang disematkan dalam sebuah smartphone sekarang ini, dan salah satu yang mungkin sering kalian gunakan adalah kamera depan.

Baca Juga: Trailer Film Inuyashiki Rilis, Sato Takeru Beneran Jadi Peran Jahat!

Meskipun smartphone memiliki kamera depan dan belakang, namun mungkin bagi kalian khususnya yang perempuan, udah pasti kamera depan jadi salah satu hal wajib yang harus ada dismartphonennya, yang digunakan untuk melakukan selfie. Tapi, sayangnya seringkali kualitas dari kamera depan smartphone nggak bisa kalian handalkan, kadang hasilnya jelek dan mengecewakan. Tapi, jangan bersedih dulu, karena sebenarnya ada 4 tips yang bisa kalian lakukan untuk membuat hasil jepretan kamera depan smartphone jadi lebih bagus. Cekidot!

More article from Keepo.

1 – Memaksimalkan pencahayaan yang ada

Memaksimalkan pencahayaan yang ada

Ketika kalian melakukan selfie menggunakan kamera depan smartphone kalian, tentu saja pencahayaan jadi salah satu faktor penting yang mempengaruhi hasil jepretan kalian. Nah, untuk sumber cahaya sendiri, manfaatkan sinar matahari sebagai sumber alami, atau penggunakan peralatan lighting khusus lainnya. Usahakan tidak menutup dan membelakangi sumber cahaya, supaya hasil menjadi lebih maksimal.

2 – Jangan ragu menggunakan fitur yang ada

kamera depan

Setiap smartphone keluaran baru, apalagi yang masuk dalam kelas high-end tentu aja mempunyai banyak fitur pada kamera depannya yang bisa kalian gunakan untuk meningkatkan hasil dan kualitas jepretan. Misalnya, menggunakan fitur HDR untuk mendapatkan hasil yang lebih tajam, atau juga beberapa fitur Softlight yang bisa memaksimalkan hasil ketika cahaya minim sekalipun.

Baca Juga: Mengintip Pendapatan Gaji Pro Cosplayer Enako, Gede Banget Ternyata!

3 – Selalu memperhatikan komposisi foto

Selalu memperhatikan komposisi foto

Komposisi dalam foto bukan hanya sekedar estetika belaka, namun kalian juga harus bisa memberikan makna dari setiap foto yang kalian ambil. Ketika kalian menggunakan kamera depan untuk mengambil gambar, pastikan juga untuk memperhatikan beberapa komponen seperti warna, garis, beberapa objek pendukung sehingga objek utama tetap menonjol. Trik rule of third bisa kalian gunakan, dimana objek utama berada disepertiga dari frame agar mudah untuk dilihat.

4 – Menggunakan fitur after-editing dan eksperimen

Menggunakan fitur after-editing dan eksperimen

Salah satu kelebihan yang ditawarkan ketika kalian menggunakan smartphone untuk mengambil foto adalah mudahnya untuk mengambil banyak foto dalam waktu yang singkat. Nah, jangan khawatir kalau takut jepretan kamera depan jelek, karena kalian bisa memanfaatkan after-editing yang bisa dilakukan setelah melakukan pengambilan foto. Bahkan, pada beberapa smartphone sudah disediakan beberapa fitur editing yang cukup baik. Selain itu, jangan takut untuk bereksperimen dengan hasil foto, toh kalian juga akan belajar dari kesalahan yang diperbuat kan?

Itu dia tadi beberapa tips yang bisa kalian gunakan untuk menghasilkan jepretan kamera depan smartphone hingga mirip dengan DSLR. Berani mencobanya?