Di Indonesia sudah ada banyak dijual kalender kertas yang diberikan berbagai foto atau gambar yang indah. Di Jepang, tak hanya itu, kalender kertas bahkan bisa diberi suara. Tapi kalender bergambar yang biasa juga ada disana, dan baru-baru ini ditemukan kalau di Jepang ada sebuah kalender bergambarkan seorang presiden negara asing yang meleduk penjualannya. Dan itu adalah kalender Presiden Putin, tapi kenapa bisa begitu?

Kemungkinan sudah banyak yang tahu siapa dia. Vladimir Putin, Presiden Negara Rusia memang terkenal tak hanya dalam dunia politik, tapi juga di dunia maya, dimana ia jadi memetic karena memiliki image yang Badass.

Negara Jepang memang beberapa kali terlihat memiliki ketertarikan kepada negara Rusia, apalagi dalam dunia animanga. Contohnya dari seiyuu Uesaka Sumire yang lulusan sastra Russia dan bisa bahasanya dan tahu sejarahnya, dan  mungkin masih ada yang ingat politisi cantik Natalia Poklonskaya yang sempat booming dalam dunia fanart Jepang.

Dan sekalian balik ke Pak Putin sebagai topik, tahukah mina-san kalau ia juga dijadikan model protagonis sebuah kisah isekai? Dalam cerita berjudul Ride-On King yang dibuat oleh Baba Yasushi, yang protagonisnya bagaikan Putin dengan otot yang lebih kekar.

Dan kembali ke kalender, ia ditampilkan dalam kalender 2019 yang diproduksi oleh LOFT. Putin bukanlah satu-satunya orang terkenal yang muncul, karena LOFT juga membuat kalender yang menampilkan orang terkenal lainnya, yang dijual sejak September kemarin.

Tapi ditemukan kalau kalender Putin menjadi kalender orang terkenal dengan angka penjualan tertinggi di berbagai penjuru Jepang, yang mengalahkan beberapa bintang lokal. Dikatakan kalau setelah Putin, kalender yang terpopuler nomor 2 adalah aktor veteran Tanaka Kei, dan nomor 3 adalah figure skater muda Hanyuu Yuzuru.

Dan ditemukan penyebab kepopuleran kalender itu. Ternyata ada banyak wanita Jepang muda yang fans Putin, yang belakangan ini meleduk-leduk, dan yang mendorong penjualan kalender itu. Dikatakan kalau mereka memiliki rasa ketertarikan pada presiden yang mantan anggota KGB tersebut walau ia memiliki beberapa kontroversi. Mungkin karena kejantanannya ya 😉