Ada banyak fans anime di negara Indonesia ini, dan kadang mereka bisa berkarya menciptakan karya kece yang terinspirasi dari anime, bahkan sampai anime buatan sendiri! Contohnya anime GoJek yang pernah dirilis beberapa waktu lalu. Nah kali ini ada kabar serupa lagi, dimana lagi-lagi ada animator Indonesia yang membuat anime kece, dimana seorang mahasiswa dikabarkan membuat OP anime MataNajwa.

Mata Najwa itu sendiri adalah acara program talk show yang dipandu oleh seorang jurnalis senior yang menjadi nama acara itu, Najwa Shihab. Acara itu adalah salah satu program TV Indonesia terpopuler dan terkenal yang telah menghadirkan berbagai tamu besar dan istimewa untuk berbincang dan diskusi, dari mantan presiden Jusuf Habibie sampai presiden Jokowi.

Acara tersebut pertama ditayangkan di channel Metro TV 10 tahunan lalu pada tahun 2009. Acara tersebut kemudian selesai tayang disitu pada tahun 2017 dan pindah tayang di Trans7 pada musim keduanya dari tahun 2018 sampai sekarang.

Dan channel Trans7 itu bisa dibilang yang menyebabkan adanya OP anime Mata Najwa ini, karena pada bulan Januari kemarin mereka mengadakan kompetisi video parodi Trans7 yang bisa memberikan hadiah total sebesar 10 juta Rupiah! Caranya adalah dengan membuat video berdurasi 1 menit dan memasukkannya melalui Instagram.

Untuk kompetisi itulah seorang mahasiswa Teknologi Pendidikan UNY dan animator amatir bernama Wisnu Bayu Aji jadi membuat video parodi acara Trans7. Dimana ia membuat parodi dari acara Mata Najwa dengan cara menjadikannya berbentuk animasi 2D ala anime!

Animasi Wisnu secara faithful mengikuti pergerakan dan cinematography Bu Najwa Shihab pada opening original Mata Najwa, dengan sedikit perubahan hanya pada background. Tapi secara keseluruhan memang sangat mirip dan perbedaan itu memberikan rasa originalitas sendiri. Dan kerennya lagi adalah karyanya itu sampai dilirik oleh… Bu Najwa sendiri!

Ia terkagum melihat animasi karya Wisnu itu, sampai mengatakan kalau ia mau mengirim undangan khusus kepadanya untuk hadir dalam acara Mata Najwa pada episode spesial yang merayakan 1 dekade acara tersebut! Dan tak hanya itu, karena bahkan Rektor UNY Sutrisna Wibawa juga mengungkapkan kebanggaannya yang begitu besar kepada Wisnu.