Setelah membuka Content Academy di kota Taipei, perusahaan Jepang Kadokawa telah membuka akademi desain dan animasi pertamanya di kota Bangkok, Thailand, pada hari senin kemarin.

Presiden dari perusahaan Kadokawa, Kadokawa Tsuguhiko, dalam pidato pembukaan sekolah tersebut berkata, “Kami ingin mempromosikan budaya anime sampai ke seluruh dunia, dan untuk membantu warga Thailand untuk menciptakan konten original dari budaya mereka sendiri”

kadokawaschool@bangkok

Selain berharap untuk menciptakan konten original untuk dan oleh penduduk lokal, sang presiden juga berharap dapat menarik hingga seribu pelajar dalam kurun waktu tiga tahun.

Selain Kadokawa, perusahaan tersebut juga dimodali oleh perusahaan Kinokuniya, Pasona Group, dan Cool Japan Fund. Koga Tetsuya, presiden dan CEO dari Kadokawa Content Academy, berkata pada Kyodo News bahwa Sekolah Animasi dan Desain di Bangkok ini adalah bagian dari Cool Japan Fund dari pemerintahan Jepang seharga 4.4 juta dollar.

Sekolah di Bangkok tersebut menyediakan pelatihan yang diberikan para profesional dari negara Jepang dan juga dari negara Thailand, dan juga memberikan kesempatan untuk bekerja dan internship. Course pertamanya dijadwalkan akan mulai pada akhir bulan April, dan di dalamnya akan termasuk pembelajaran desain karakter dan manga. Sekolah tersebut diperkirakan akan menarik empat ratus murid dalam tahun pertamanya.

kadoschoolbangkok

Seru ya membayangkannya. Apa para pembaca di Indonesia mau ikut dan pergi ke Thailand?

Naaah kalau mau sabar, ada kabar baik lagi nih. Koga Tetsuya juga mengatakan pada Kyodo News bahwa ada kemungkinan sekolah Kadokawa ini juga akan dibuka di Indonesia loh.

Pak Koga mengatakan ia melihat adanya potensi market di Thailand, karena festival anime Jepang yang diadakan disitu pernah menarik hingga 400.000 orang. Ia juga mengatakan bahwa Thailand dan Indonesia memiliki market konsumen anime terbesar di Asia Tenggara, dengan negara China sebagai konsumen terbesar se-Asia. Hebat ya kalian para Otaku Indonesia.

Setelah Bangkok di Thailand, Kadokawa berencana untuk membuka sekolah berikutnya di negara Malaysia tahun depan. Dan setelah itu, berencana akan membuka sekolah-sekolah lagi di negara-negara Asia lainnya. Seperti Filipina, Vietnam, dan juga di negara Indonesia. Mereka juga juga sedang dalam pembicaraan dengan pemerintahan China dan Australia untuk membuka sekolah di kedua negara tersebut.

Bagaimana? Apakah kalian tertarik? Mau sabar menunggu sekolah ini dibuka di Indonesia? atau ingin pergi ke sekolah yang sudah dibuka di Bangkok?