Di awal tahun 2016 lalu, sudah beredar berbagai gosip mengenai konsol playstation 4 yang akan di-upgrade oleh Sony, dengan berbagai nama lelucon dan prediksi seperti Playstation 4K atau Playstation 4.5 dari para fans. Untuk saat ini, beberapa sumber di internet mengkonfirmasikan beberapa detail mengenai upgrade Playstation 4 tersebut, salah satunya adalah codename-nya, yang saat ini diberikan nama NEO.

NEO akan memiliki berbagai kelebihan diatas PS4, contohnya adalah dengan clock speed yang lebih tinggi, kemudian juga peningkatan untuk CPU dan GPU, dan juga bandwidth untuk memory.
Berikut sedikit tabel perbandingan hardware antara PS4 dan NEO;

NEOhardware

Sony juga mengatakan bahwa setiap game PS4 yang akan keluar mulai dari bulan Oktober ini perlu memiliki dua mode. “base mode” yang membuat game dapat berjalan seperti biasa pada konsol PS4 yang sekarang, dan juga “NEO mode” yang membuat game dapat memakai memory tambahan dan upgrade yang ada dalam hardware NEO tersebut, untuk bisa memberikan frame rate yang lebih tinggi dan stabil dan kualitas visual yang lebih tinggi. Akan tetapi, dibilang juga kalau konsol NEO itu sendiri belum tentu akan keluar pada bulan Oktober ini. Untuk game-game yang telah keluar sebelum bulan Oktober, tetap masih bisa di-upgrade untuk memiliki “NEO mode” juga, tapi ini hanya jika developer game tersebut memberikan patch update untuk game tersebut.

playstation_4-3169634

Kemudian dikatakan juga kalau NEO tidak akan menggantikan konsol PS4. Konsol NEO akan ada bersamaan dengan konsol PS4, dengan lingkungan user yang sama, pengalaman user yang sama, dan berhubungan dengan komunitas online yang sama. Sony berkomitmen untuk membuat NEO dan PS4 tetap saling terhubung dan tidak ada elemen pemisah antara yang satu dengan yang lain. Sony berkali-kali mengatakan kepada para developer game untuk tidak membuat atau memberikan konten atau unlockables yang ada hanya eksklusif untuk konsol NEO, atau membuat game eksklusif untuk konsol NEO, dan Sony sendiri tidak ingin developer game untuk memisahkan user NEO dan user PS4 di dalam PSN.

Untuk soal harga, masih belum ada konfirmasi juga mengenai berapa harga konsol NEO ini, tapi menurut beberapa laporan yang ada sebelumnya, diperkirakan konsol NEO akan dijual seharga 399$.