Di era yang semakin maju dan canggih ini berbagai macam alat transportasi bermunculan dengan pesat. Mereka seolah berlomba untuk menjadi yang terbaik dan paling berguna bagi manusia. Tujuan adanya mereka memang untuk memudahkan manusia dalam berpindah tempat, terutama untuk permindahkan yang melibatkan jarak jauh dan memerlukan waktu. Salah satu jenis transportasi yang kian digantrungi oleh masayarakat di berbagai belahan dunia adalah Kereta. Selain dapat memuat banyak orang dan menjamin perjalanan lebih aman, ketera juga dipilih karena jarak tempuh yang terbilang singkat dibanding dengan alat transportasi darat yang lain.

Ngomong-ngomong soal kereta, Jepang memiliki jenis kereta tercepat yang pernah ada di bumi yang biasa disebut Shinkansen & JR(Japan Railways) . Kereta di jepang ini beroperasi dengan sangat rapi dan tepat waktu. Ini demi pelayanan kepada masyarakatnya yang juga cenderung disiplin dalam kehidupan sehari-harinya. Kalaupun pernah terjadi keterlambatan kedatangan kereta, biasanya tak lebih dari lima menit dan itu sudah menjadi kegagalan tersendiri bagi pemerintah. Di Jepang, kereta yang dulunya memiliki fungsi terbatas hanya sebagai kendaraan bepergian lambat laun mulai memikirkan terobosan baru demi kenyamanan dan kepuasan pelanggannya. Contohnya seperti kejadian yang akan kita bahas kali ini. Udah kenal Neon Genesis Evangelion kan? Kalau nggak tau yaaa kayaknya kalian harus mulai nonton anime-anime jadul dari awal ๐Ÿ˜€ Lalu apa hubungannya Evangelion dengan kereta cepat jepang? Mimin yakin banyak diantara kalian yang sudah bisa menebak. Apalagi kalau bukan sebuah kolaborasi.

Eva Train (1)

Dalam rangka memeriahkan peringatan ulang tahun serial Neon Genesis Evangelion yang ke dua puluh, sebuah kereta cepat bertema khusus telah dibuat dan akan diluncurkan segera oleh pemerintah Jepang (selanjutnya akan mimin sebut sebagai Eva Bullet Train). Sebenarnya kabar tentang pembuatan Eva Bullet Train ini sudah mencuat sejak awal bulan Juli lalu. Setelah melalui proses perencanaan plus pembuatan selama hampir tiga bulan, akhirnya kabar terbaru tentang project ini kembali menemui titik terang. Ini membuktikan kesungguhan tim kepada fans bahwa project mereka bukan isapan jempol belaka. Eva Bullet Train, sebuah kereta cepat yang khusus di desain menyerupai Eva Unit โ€“ 01 akan diluncurkan dari Stasiun Hakata menggunakan jalur sanyo shinkansen. Sanyo shinkansen adalah jalur utama kereta cepat Jepang yang menghubungan dua kota besar yakni Osaka dan Fukuoka. Menurut pengumuman yang dimuat dalam situs resmi Eva Bullet Train Project, kereta ini akan secara resmi di operasikan mulai bulan depan (tanggal 7 bulan November 2015).

Media berita JR seperti Tetsudo Shinbun dan website sejenisnya juga telah menbicarakan kemajuan project tersebut baru-baru ini melalui website dan akun twitter mereka. Tetsudo Shinbun bahkan telah mengunggah beberapa foto yang memperlihatkan detail interior kereta. Detail yang terungkap pada foto-foto tersebut benar-benar rinci dan mewakili Evangelion yang sesungguhnya. Mulai dari desain pintu, gaya jendela, tempat duduk serta beberapa aksesoris tambahan seperti stiker karakter dan AT field menghiasi seluruh bagian kereta yang dapat membuat tema Evangelion semakin hidup. Fans yang menaiki kereta ini dijamin merasakan kepuasan tiada duanya. Hmm… ada fitur tambahan dimana kalian bisa merasakan petuangan ala pilot Evangelion yang sesungguhnya. Salah satu gerbong di tubuh kerta ini memiliki kursi duduk yang memanjang seperti kursi pilot di dalam anime, dilengkapi dengan layar monitor dan tuas pedal yang bisa digerakkan. Ini fasilitas VIP sih, buat kalian yang pengen merasakan pengalaman berkendara baru dan mau bayar lebih. Hohoho.

Eva Train (5)

Eva Train (11)

Eva Train (10)

Eva Train (8)

Eva Train (7)

Eva Train (6)

Eva Train (9)