Dalam dunia entertainment saat ini, apalagi untuk animanga dan game, suka dilakukan livestreaming untuk memberikan pengumuman dan update seru. Akan tetapi kadang yang diumumkan belum tentu semuanya sesuatu yang bikin senang. Kadang bisa saja diberikan info yang bikin sedih. Contohnya pada livestreaming yang dilakukan Square Enix baru-baru ini, yang memberikan kabar sedih FFXV, dengan 3 DLC dibatalkan & sutradara Tabata resign.

Ya mina-san, Pak Tabata Hajime yang merupakan sutradara dari game Final Fantasy XV diumumkan telah mengundurkan diri dari perusahaan Square Enix dan juga studio Luminous Production pada tanggal 31 Oktober kemarin.

Tabata menuliskan surat yang berisikan alasannya mengundurkan diri dari Square Enix, mengatakan kalau ia sedang mengerjakan sebuah projek baru. Maka dari itu ia berhenti dari SquEnix dan memulai bisnis sendiri.

Kemudian lanjut pada kabar DLC. Game Final Fantasy XV memang suka merilis DLC yang keren-keren supaya gamer tak bosan, apalagi yang DLC Episode. Sebelumnya mereka mengumumkan akan ada empat DLC Episode baru, yaitu Episode Aranea, Lunafreya, Noctis, dan Ardyn.

Akan tetapi, dalam livestreaming itu dikatakan kalau Episode Aranea, Lunafreya, dan Noctis dibatalkan, dan hanya ada DLC Episode Ardyn yang akan dirilis, Maret 2019 nanti, yang juga diperlihatkan trailernya. Dikatakan juga kalau DLC itu akan dibuat prequelnya berupa anime pendek, dengan teaser trailer yang akan dirilis tanggal 15 Desember 2018 dan 10 Januari 2019.

Dikatakan kalau alasan pembatalan ini adalah karena Square Enix ingin memfokuskan usahanya untuk membuat AAA title baru, yang pengembangannya dikepalai oleh studio Luminous Production. Tapi tak semua kabar dalam streaming itu memberatkan hati, ada yang menarik juga.

Diantaranya adalah pemberhentian penjualan DLC Comrades karena akan diubah jadi standalone game Final Fantasy XV Multiplayer: Comrades yang akan dirilis untuk PS4 dan XB1 pada tanggal 12 Desember ini, yang tak perlu dimainkan dengan FFXV original dan dengan tambahan boss, kostum, senjata baru. Dan pada tanggal yang sama akan dilakukan juga kolaborasi dengan FFXIV berjudul Adventurer From Another World.

Comments