Sampai sekarang ini tragedi Kebakaran KyoAni yang mengguncang dunia animanga masih dirasakan, dan masih muncul banyak berita dan update dari kejadian tersebut. Kali ini ada update baru lagi mengenai studio KyoAni yang terasa pahit manis. Manis karena ternyata ditemukan kalau data KyoAni berhasil diselamatkan, tapi muncul kabar baru juga mengenai bertambahnya info dan jumlah korban yang tewas.

Mungkin kita mulai dari yang pahit dulu. Dikabarkan jumlah korban yang tewas telah bertambah menjadi 35 orang. Korban ke-35 itu tak diberikan namanya, tapi dikatakan ia seorang pria berumur sekitar 20 tahunan. Awalnya ia berhasil keluar dari gedung tapi seluruh tubuhnya terbakar. Staff itu dilarikan ke rumah sakit dalam keadaan tak sadar, tapi pada hari Sabtu kemarin akhirnya wafat.

Dan sedikit tambahan kabar pahit lain, satu hari sebelum itu, Takemoto Yasuhiro sutradara KyoAni anime MaiDragon, Amagi Brilliant Park, dan Suzumiya Haruhi, yang awalnya dikabarkan menghilang dan dirumorkan tak selamat dari kebakaran itu, telah dikonfirmasikan tewas oleh kerabatnya.

Tapi ada secercah cahaya harapan, dengan beberapa kabar anime KyoAni. Movie Hibike Euphonium akan mendapatkan tayangan tambahan di Shinjuku tanggal 23 Agustus. Dan film side story Violet Evergarden, Eien to Jidou Shuuki Ningyou, akan tetap tayang sesuai rencana pada tanggal 6 September, dan penayangannya diperpanjang dari 2 minggu jadi 3 minggu.

Dan kabar melegakan lagi adalah dikabarkan kalau ternyata ada data materi yang berhasil diselamatkan dari gedung 1 KyoAni! Data tersebut disimpan di ruang server yang tak rusak karena dikelilingi oleh konkrit dan lokasinya terpisah dari area kebakaran.

Terakhir, adalah komentar dari studio KyoAni sendiri setelah semua yang telah terjadi. Pesan dari EO KyoAni Hatta Hideaki tersebut kemarin dipasangkan di website KyoAni dalam bahasa Jepang, China, Korea, Jerman, dan Inggris.

“Musibah tak terduga telah merenggut nyawa sahabat dan teman kerja kami dan meninggalkan banyak luka-luka. Berita dari manca negara membuat kami tahu banyak yang mendoakan kami, yang bagaikan lilin dalam kegelapan bagi kami yang tenggelam dalam duka.

Ada banyak sahabat dan teman kerja yang masih tersiksa di rumah sakit memperjuangkan hidup mereka, kami mohon berikan sedikit waktu. Kami KyoAni berjanji akan terus membuat animasi yang menolong orang mendapatkan mimpi, harapan, dan menakjubkan mereka.

KyoAni akan terus membuat staff dan pegawainya hidup senang dan memberi kontribusi pada masyarakat dan komunitas lokal. Saya pastikan kalau KyoAni takkan menyerah, kami takkan diam dalam kegelapan, kami takkan hilang tanpa perlawanan”.